Pelaksanaan Fungsi Rekruitmen Politik Caleg Partai Gerindra dalam Peningkatan Keterwakilan di DPRD Provinsi Sumatera Barat pada Pemilu 2019

Sari, Yustika Permata (2023) Pelaksanaan Fungsi Rekruitmen Politik Caleg Partai Gerindra dalam Peningkatan Keterwakilan di DPRD Provinsi Sumatera Barat pada Pemilu 2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_YUSTIKA_PERMATA_SARI_18042093_3363_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kuantitas dan kualitas partisipasi kader dalam bidang politik ditentukan oleh keberhasilan pelaksanaan rekruitmen poli tik yang dilakukan parpol, termasuk dalam hal keterwakilan di lembaga legislatif. Partisipasi politik anggota partai di legislatif diawali dengan mendaftarkan diri menjadi anggota partai dan selanjutnya eksistensi kader dapat dilihat dengan menjadi bakal calon anggota legislatif menjelang pelaksanaan pemilu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses rekruitmen Caleg Partai Gerindra Provinsi Sumatera Barat pada Pemilu 2019. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori mekanisme atau tahap rekruitmen caleg oleh Pippa Norris antara lain: 1) Tahap Sertifikasi, 2) Tahap Penominasian dan 3) Tahap Seleksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif semu (quasi kualitatif). Informan pada penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Pada penelitian ini teknik analisis data dilakukan dengan tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam rekruitmen caleg Partai Gerindra berdasarkan teori Pippa Norris, antara lain: 1) Tahap Sertifikasi merupakan tahap penjaringan yang mana Partai Gerindra melakukan penjaringan sebanyakbanyaknya di berbagai kalangan tanpa membatasi siapapun yang ingin mendaftar menjadi bakal caleg dengan catatan tentu harus memenuhi persyaratan yang telah diumumkan Partai Gerindra, 2) Tahap Penominasian merupakan tahap penjaringan yang mana setalah bakal caleg menyerahkan formulir pendaftaran kemudian panitia seleksi bakal caleg Partai Gerindra memverifikasi berkas-berkas tersebut dan 3) Tahap Seleksi merupakan tahapan dimana daftar caleg yang telah masuk nominasi untuk kemudian melakukan serangkaian test yang disebut test assesment. Test assesment terdiri dari test wawancara dan test tertulis. Sedangkan faktor pendukung yang mempengaruhi kemenangan caleg dalam peningkatan keterwakilan di DPRD Provinsi Sumbar pada Pemilu 2019 yaitu Calon Legislatif Petahana (incumbent).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMagriasti, LinceUNSPECIFIED
CorrectorMubarak, AdilUNSPECIFIED
CorrectorSyafril, RizkiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Nov 2023 06:41
Last Modified: 08 Nov 2023 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48131

Actions (login required)

View Item View Item