Hubungan antara Self Awareness dengan Penyesuaian Diri Siswa yang Memiliki OrangTua Single Parent

Fernanda, Suci Dwi (2023) Hubungan antara Self Awareness dengan Penyesuaian Diri Siswa yang Memiliki OrangTua Single Parent. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_SUCI_DWI_FERNANDA_18006330_3274_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya siswa yang memiliki orangtua single parent, cenderung mengalami kesulitan dalam belajar dan hubungan sosial, serta menunjukkan perilaku yang mengasingkan diri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan self awareness siswa yang memiliki orangtua single parent, (2) mendeskripsikan penyesuaian diri siswa yang memiliki orangtua single parent, dan (3) menguji signifikansi hubungan self awareness dengan penyesuaian diri siswa yang memiliki orangtua single parent. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa dengan orangtua single parent yang ada di SMAN 1 Pasaman. Instrumen yang digunakan yaitu angket self awareness dan angket penyesuaian diri. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan self awareness dengan penyesuaian diri melalui program statistik SPSS 25. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kebanyakan (62,3 %), siswa yang berasal dari orang tua single parent memiliki tingkat kesadaran diri yang rendah. Selanjutnya kebanyakan juga (58,4%), siswa dengan orang tua single parent ini, juga memiliki tingkat penyesuaian diri yang rendah. Terdapat hubungan yang positif signifikan antara self awareness dengan penyesuaian diri siswa yang memiliki orangtua single parent sebesar 0,986 dengan taraf signifikansi 99%. Dengan demikian diartikan bahwa semakin rendah tingkat self awareness maka penyesuaian diri siswa juga akan semakin rendah begitupun sebaliknya. Berdasarkan temuan penelitian, diperlukan upaya bimbingan oleh konselor sekolah untuk meningkatkan kesadaran diri siswa-siswa dari orangtua single parent guna meningkatkan penyesuaian diri mereka dalam belajar di sekolah. Layanan Bimbingan dan konseling itu dapat dilakukan melalui layanan informasi, layanan konseling individual, layanan penyaluran dan penempatan dan layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTaufik, TaufikUNSPECIFIED
CorrectorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:04
Last Modified: 08 Nov 2023 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48123

Actions (login required)

View Item View Item