Analisis Kondisi Sanitasi Lingkungan dan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS): Suatu Studi di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ampek Nagari

Sari, Widila Permata (2023) Analisis Kondisi Sanitasi Lingkungan dan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS): Suatu Studi di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ampek Nagari. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_WIDILA_PERMATA_SARI_18045130_153_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengkategorikan Tingkat Kondisi Sanitasi Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ampek Nagari (2) Menganalisis Penerapan Prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di Lingkungan Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ampek Nagari. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Metode Mix Methode (Kualitatif dan Kuantitatif). Sampel dalam penelitian kuantitatif adalah 23 Sekolah Dasar sedangkan informan dalam penelitian kualitatif adalah 69 informan. Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini berupa wawancara, angket/kusioner, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis Data kualilatif berupa Reduksi Data, Penyajian Data, menarik kesimpulan dan teknik analisis data kuantitatif berupa Analisis Deskriptif Persentase. Hasil dari Penelitian ini menunjukan bahwa Kondisi Sanitasi Lingkungan dan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Ampek Nagari (1) Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Untuk tingkat kondisi sanitasi air bersih kategorinya sudah memenuhi syarat dengan persentase 85,6%. (2) tingkat kondisi sanitasi jamban sekolah kategorinya belum memenuhi syarat dengan persentase 47,8%. (3) tingkat kondisi sanitasi Cuci tangan pakai sabun (CTPS) kategorinya belum memenuhi syarat dengan persentase 46,3%. (4) tingkat kondisi sanitasi Pengelolaan limbah cair kategorinya sudah memenuhi syarat dengan persentase 100%. (5) tingkat kondisi sanitasi pengelolaan sampah kategorinya belum memenuhi syarat dengan persentase 46,3%. (6) dan penerapan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dilingkungan sekolah terdapat indikator yang sudah memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:11
Last Modified: 07 Nov 2023 08:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48118

Actions (login required)

View Item View Item