Hubungan Persepsi Sosial terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus dengan Bullying di Sekolah Inklusif SMP Negeri 5 Padang

Arifni, Reza (2023) Hubungan Persepsi Sosial terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus dengan Bullying di Sekolah Inklusif SMP Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_Reza_Arifni_18006204_3486_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bullying merupakan perilaku menyakiti yang dilakukan secara berulang-ulang oleh pihak/kelompok yang kuat (siswa reguler) terhadap pihak/kelompok yang lemah (siswa berkebutuhan khusus) dengan tujuan untuk menguasai dan memberikan perlakuan penyerangan baik secara fisik maupun secara verbal, sehingga nantinya akan menimbulkan rasa sakit secara fisik maupun psikologis. Salah satu faktor yang mempengaruhi bullying adalah persepsi. Siswa dengan persepsi sosial terhadap siswa berkebutuhan khusus yang tergolong positif akan menghindari tindakan bullying, sedangkan siswa yang memilki persepsi sosial yang negatif terhadap siswa berkebutuhan khusus maka akan melakukan tindakan berupa bullying. Dengan meningkatkan persepsi sosial positif terhadap siswa berkebutuhan khusus, maka diharapkan siswa reguler tidak melakukan tindakan bullying yang dapat mengakibatkan buruk terhadap siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi sosial terhadap siswa berkebutuhan khusus dan mendeskripsikan bullying serta menguji dan menganalisis hubungan persepsi sosial terhadap siswa berkebutuhan khusus dengan bullying. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 536 orang siswa yang terdaftar di kelas VII dan VIII SMP Negeri 5 Padang pada tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel sebanyak 230 orang siswa yang ditentukan dengan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket persepsi sosial terhadap siswa berkebutuhan khusus dan angket bullying. Data diolah menggunakan teknik analisis persentase dan untuk menguji dan menganalisis hungungan persepsi sosial terhadap siswa berkebutuhan khusus dengan bullying menggunakan rumus pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMP Negeri 5 Padang memiliki persepsi sosial terhadap siswa berkebutuhan khusus secara umum berada pada kategori sedang dengan persentase 48%. Sedangkan bullying berada pada kategori rendah dengan persentase 32%, walaupun berada pada kategori rendah, namun ada juga siswa reguler yang melakukan tindakan bullying pada kategori sanggat tinggi sebesar 4%,tinggi 17%, dan sedang sebesar 24%. Maka dapat juga ditarik kesimpulan masih ada siswa reguler yang melakukan tindakan bullying, karena untuk menciptakan suasana sekolah yang aman, tentram, dan damai, maka diharapkan tidak ada satupun siswa yang melakukan tindakan bullying, karena juga bisa dapat mempengaruhi orang lain. Hasil analisis korelasi terdapat hubungan yang negatif signifikan antara persepsi sosial terhadap siswa berkebutuhan khusus dengan bullying di sekolah inklusif SMP Negeri 5 Padang dengan besar korelasi - 0,233 yang berada pada kategori sedang dan taraf signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFirman, FirmanUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
CorrectorFebriani, Rahmi DwiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Nov 2023 03:13
Last Modified: 07 Nov 2023 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48104

Actions (login required)

View Item View Item