Produksi dan Laju Dekomposisi Serasah di Kawasan Hutan Lindung Bukit Barisan I Sub DAS Lubuk Paraku Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Zahari, Dinda Putri (2023) Produksi dan Laju Dekomposisi Serasah di Kawasan Hutan Lindung Bukit Barisan I Sub DAS Lubuk Paraku Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_DINDA_PUTRI_ZAHARI_19032008_5301_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Produksi serasah sangat penting dalam memahami siklus hara, pertumbuhan hutan, dan interaksi dengan faktor lingkungan dalam ekosistem hutan. Serasah juga bermanfaat bagi tanah ketika didekomposisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jumlah produksi dan Laju dekomposisi serasah di kawasan hutan lindung bukit barisan I Sub DAS Lubuk Paraku Kecamatan Lubuk Kilangan Kota padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Untuk pengambilan data menggunakan teknik purposive random sampling. Data diambil di 2 area, area 1 merupakan hutan alami, dan area 2 merupakan area berbatasan dengan parak. Hasil penelitian menunjukan produksi serasah di kawasan hutan lindung bukit barisan I sub DAS lubuk paraku kecamatan lubuk kilangan kota padang sebesar 1,24 gr/m2 /hari. Laju dekomposisi serasah daun di kawasan hutan lindung bukit barisan I Sub DAS Lubuk Paraku Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang berkisar antara 0.042 g/hari - 0.063 g/hari. Hasil ini lebih tinggi dari penelitian yang dilakukan oleh (Nursal et al., 2015) di kawasan hutan larangan adat rumbio kecamatan Kampar berkisar antara 0.030 g/hari - 0.049 g/hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Irma Leilani EkaUNSPECIFIED
CorrectorAnhar, AzwirUNSPECIFIED
CorrectorKardiman, RekiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PRODUKSI DAN LAJU DEKOMPOSISI SERASAH
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:28
Last Modified: 07 Nov 2023 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48096

Actions (login required)

View Item View Item