Fernandi, Feri
(2023)
Gambaran Self Efficacy Akademik Peserta Didik dengan Kecanduan Game Online Mobile Legend dan Implikasi Layanan Bimbingan Konseling.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Self Efficacy merupakan keyakinan individu untuk melakukan suatu
kegiatan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena dimana adanya peserta
didik di SMAN 9 Padang yang menghindari tugas-tugas sulit yang diberikan oleh
guru, ada peserta didik yang merasa gagal sebelum mencoba mengerjakan tugas
dan ada juga peserta didik yang ragu-ragu atas kemampuan yang dimilikinya serta
lebih memilih untuk bermain game online mobile legend. Penelitian ini membahas
tentang gambaran Self Efficacy akademik peserta didik dengan kecanduan
bermain game online dilihat dari aspek Level, Strenght, dan Generality.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode
kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMAN 9
Padang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah angket Self Efficacy untuk mengukur aspek
Level, strength, dan Generality dengan menggunakan skala likert.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Self Efficacy akademik
peserta didik dilihat dari aspek Level berada pada kategori sedang dengan
persentase (33.87%), pada aspek Strenght berada pada kategori sedang dengan
persentase (35.48%) dan aspek Generality berada pada kategori sedang dengan
persentase (37.10%). Berdasarkan hal tersebut guru BK dapat memberikan
layanan informasi, layanan bimbingan konseling individual dan layanan
bimbingan kelompok untuk membekali siswa mengenai Self Efficacy akademik
pada peserta didik yang kecanduan bermain game online agar peserta didik
menghadapi kehidupan dengan baik dan efektif.
Actions (login required)
|
View Item |