Gambaran Self Efficacy Akademik Peserta Didik dengan Kecanduan Game Online Mobile Legend dan Implikasi Layanan Bimbingan Konseling.

Fernandi, Feri (2023) Gambaran Self Efficacy Akademik Peserta Didik dengan Kecanduan Game Online Mobile Legend dan Implikasi Layanan Bimbingan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_FERI_FERNANDI_17006136_201_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Self Efficacy merupakan keyakinan individu untuk melakukan suatu kegiatan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena dimana adanya peserta didik di SMAN 9 Padang yang menghindari tugas-tugas sulit yang diberikan oleh guru, ada peserta didik yang merasa gagal sebelum mencoba mengerjakan tugas dan ada juga peserta didik yang ragu-ragu atas kemampuan yang dimilikinya serta lebih memilih untuk bermain game online mobile legend. Penelitian ini membahas tentang gambaran Self Efficacy akademik peserta didik dengan kecanduan bermain game online dilihat dari aspek Level, Strenght, dan Generality. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMAN 9 Padang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket Self Efficacy untuk mengukur aspek Level, strength, dan Generality dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Self Efficacy akademik peserta didik dilihat dari aspek Level berada pada kategori sedang dengan persentase (33.87%), pada aspek Strenght berada pada kategori sedang dengan persentase (35.48%) dan aspek Generality berada pada kategori sedang dengan persentase (37.10%). Berdasarkan hal tersebut guru BK dapat memberikan layanan informasi, layanan bimbingan konseling individual dan layanan bimbingan kelompok untuk membekali siswa mengenai Self Efficacy akademik pada peserta didik yang kecanduan bermain game online agar peserta didik menghadapi kehidupan dengan baik dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZikra, ZikraUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ZadrianUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:13
Last Modified: 07 Nov 2023 01:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48071

Actions (login required)

View Item View Item