Hubungan Self Esteem dengan Perilaku Menyontek Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Almatin, Fauziah (2023) Hubungan Self Esteem dengan Perilaku Menyontek Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_FAUZIAH_ALMATIN_18006022_2494_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

dilakukan peserta didik di sekolah. Baik saat menyelesaikan tugas yang diberikan guru maupun saat pelaksanaan ujian. Salah satu faktor yang menyebabkan perilaku menyontek adalah self esteem (harga diri). Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) menganalisis self esteem peserta didik; (2) menganalisis perilaku menyontek peserta didik; (3) menguji hubungan self esteem dengan perilaku menyontek peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah peseta didik SMPN 35 Padang tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 158 orang peserta didik yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument self esteem dan perilaku menyontek dengan model skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS versi 20.0 for windows. Temuan penelitian memperlihatan bahwa: (1) self esteem peserta didik pada umumnya berada pada kategori tinggi dengan persentase 67,72%, yang berarti banyak peserta didik yang menjadi sampel memiliki self esteem tinggi; (2) berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa perilaku menyontek peserta didik pada umumnya berada pada kategori rendah dengan persentase 49,36 %, yang berarti sebagian peserta didik masih melakukan perilaku menyontek; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara self esteem dengan perilaku menyontek peserta didik dengan koefisien korelasi -.455 pada taraf signifikansi 0,000. Artinya semakin tinggi self esteem maka semakin rendah perilaku menyontek peserta didik atau sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, diharapkan guru BK agar dapat berperan aktif dalam mencegah dan mengatasi perilaku menyontek dan membantu siswa meningkatkan self-esteemnya. Dengan memberikan bantuan berupa layanan yang berhubungan dengan self-esteem dan perilaku menyontek. Layanan yang diberikan yaitu layanan informasi, layanan, konseling individual dan bimbingan kelompok mengenai self esteem dan perilaku menyontek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZikra, ZikraUNSPECIFIED
CorrectorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorSukmawati, IndahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:13
Last Modified: 07 Nov 2023 01:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48070

Actions (login required)

View Item View Item