Almatin, Fauziah
(2023)
Hubungan Self Esteem dengan Perilaku Menyontek Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
dilakukan peserta didik di sekolah. Baik saat menyelesaikan tugas yang
diberikan guru maupun saat pelaksanaan ujian. Salah satu faktor yang
menyebabkan perilaku menyontek adalah self esteem (harga diri). Adapun tujuan
dalam penelitian ini, yaitu: (1) menganalisis self esteem peserta didik; (2)
menganalisis perilaku menyontek peserta didik; (3) menguji hubungan self esteem
dengan perilaku menyontek peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif dan korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah peseta didik
SMPN 35 Padang tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 158 orang peserta didik
yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan
dalam penelitian ini adalah instrument self esteem dan perilaku menyontek dengan
model skala likert.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis
korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS versi 20.0 for
windows. Temuan penelitian memperlihatan bahwa: (1) self esteem peserta didik
pada umumnya berada pada kategori tinggi dengan persentase 67,72%, yang
berarti banyak peserta didik yang menjadi sampel memiliki self esteem tinggi; (2)
berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa perilaku menyontek peserta didik
pada umumnya berada pada kategori rendah dengan persentase 49,36 %, yang
berarti sebagian peserta didik masih melakukan perilaku menyontek; (3) terdapat
hubungan yang signifikan antara self esteem dengan perilaku menyontek peserta
didik dengan koefisien korelasi -.455 pada taraf signifikansi 0,000. Artinya
semakin tinggi self esteem maka semakin rendah perilaku menyontek peserta
didik atau sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, diharapkan
guru BK agar dapat berperan aktif dalam mencegah dan mengatasi perilaku
menyontek dan membantu siswa meningkatkan self-esteemnya. Dengan
memberikan bantuan berupa layanan yang berhubungan dengan self-esteem dan
perilaku menyontek. Layanan yang diberikan yaitu layanan informasi, layanan,
konseling individual dan bimbingan kelompok mengenai self esteem dan perilaku
menyontek.
Actions (login required)
|
View Item |