Rahman, Farhan Arif
(2023)
Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kematangan Emosi Siswa Sekolah Menengah Atas.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kematangan emosi siswa yang rendah.
Diduga faktor yang mempengaruhi kematangan emosi siswa adalah rendahnya
dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1)
dukungan sosial teman sebaya siswa, dan (2) kematangan emosi siswa, serta (3)
menguji hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kematangan emosi siswa
dan implikasinya dalam layanan BK.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini memiliki populasi
sebanyak 1093 siswa yang berada di kelas X, XI, dan XII SMA N 5 Padang yang
terdaftar pada Semester Januari-Juni Tahun Ajaran 2023 dengan sampel sebanyak
293 siswa yang dipilih secara Stratified Random Sampling. Alat ukur yang
digunakan adalah “Instrumen Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Instrumen
Kematangan Emosi Siswa” dengan menggunakan skala model Likert. Data
dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik korelasional Pearson
Product Moment.
Hasil temuan pada penelitian memperlihatkan bahwa: (1) Dukungan sosial
teman sebaya siswa berada pada kategori tinggi, (2) kematangan emosi siswa
berada pada kategori tinggi, (3) dan terdapat hubungan positif yang kuat dan
signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kematangan emosi siswa
dengan koefisien korelasi 0,608 dan taraf signifikansi 0,000. Implikasi penelitian
ini bagi Bimbingan dan Konseling dapat dilakukan dengan pemberian layanan
informasi dengan topik “pentingnya rasa saling membantu terhadap teman yang
membutuhkan bantuan” dan layanan bimbingan kelompok dengan memberikan
topik tugas menganai (a) bagaimana menjalin hubungan yang baik antar teman
sebaya, (b) dampak dari lingkungan yang buruk terhadap kematangan emosi, dan
(c) pentingnya memilih lingkungan teman sebaya yang positif.
Actions (login required)
|
View Item |