Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kematangan Emosi Siswa Sekolah Menengah Atas

Rahman, Farhan Arif (2023) Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kematangan Emosi Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_FARHAN_ARIF_RAHMAN_17006049_3951_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kematangan emosi siswa yang rendah. Diduga faktor yang mempengaruhi kematangan emosi siswa adalah rendahnya dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) dukungan sosial teman sebaya siswa, dan (2) kematangan emosi siswa, serta (3) menguji hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kematangan emosi siswa dan implikasinya dalam layanan BK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 1093 siswa yang berada di kelas X, XI, dan XII SMA N 5 Padang yang terdaftar pada Semester Januari-Juni Tahun Ajaran 2023 dengan sampel sebanyak 293 siswa yang dipilih secara Stratified Random Sampling. Alat ukur yang digunakan adalah “Instrumen Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Instrumen Kematangan Emosi Siswa” dengan menggunakan skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik korelasional Pearson Product Moment. Hasil temuan pada penelitian memperlihatkan bahwa: (1) Dukungan sosial teman sebaya siswa berada pada kategori tinggi, (2) kematangan emosi siswa berada pada kategori tinggi, (3) dan terdapat hubungan positif yang kuat dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kematangan emosi siswa dengan koefisien korelasi 0,608 dan taraf signifikansi 0,000. Implikasi penelitian ini bagi Bimbingan dan Konseling dapat dilakukan dengan pemberian layanan informasi dengan topik “pentingnya rasa saling membantu terhadap teman yang membutuhkan bantuan” dan layanan bimbingan kelompok dengan memberikan topik tugas menganai (a) bagaimana menjalin hubungan yang baik antar teman sebaya, (b) dampak dari lingkungan yang buruk terhadap kematangan emosi, dan (c) pentingnya memilih lingkungan teman sebaya yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Nov 2023 08:50
Last Modified: 06 Nov 2023 08:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48069

Actions (login required)

View Item View Item