Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa

Srinikasari, Ariska (2023) Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_ARISKA_SRINIKASARI_18151004_1761_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan self regulated learning (pengaturan diri dalam belajar) yang dialami siswa. Hal ini dapat dilihat pada siswa saat belajar‚ tidak ada persiapan belajar yang dilakukan siswa, ketika kegiatan belajar berlangsung siswa tidak memperhatikan guru, kurangnya tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan guru seperti banyaknya siswa yang tidak mengumpulkan tugas tepat waktu. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan self regulated learning siswa adalah dengan layanan informasi menggunakan pendekatan problem based learning. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat efektivitas layanan informasi menggunakan pendekatan problem based learning dalam meningkatkan self regulated learning siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan rancangan pre-test dan post-test control group design. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa MTsN 1 Kota Sungai Penuh yang berjumlah tujuh puluh orang siswa dengan kategori self regulated learning rendah dan sedang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument self regulated learning dengan skala likert. Teknik yang digunakan dengan cara purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon Signed Ranks Test dan uji Kolmogrof Smirnov 2 Independent Sample dengan bantuan SPSS versi 20.00. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan informasi menggunakan pendekatan problem based learning efektif dalam meningkatkan self regulated learning siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam membantu program layanan bimbingan konseling‚ terutama menggunakan pendekatan problem based learning untuk mengatasi rendahnya self regulated learning siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorDaharnis, DaharnisUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Nov 2023 08:30
Last Modified: 06 Nov 2023 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48067

Actions (login required)

View Item View Item