Srinikasari, Ariska
(2023)
Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan self regulated learning
(pengaturan diri dalam belajar) yang dialami siswa. Hal ini dapat dilihat pada
siswa saat belajar‚ tidak ada persiapan belajar yang dilakukan siswa, ketika
kegiatan belajar berlangsung siswa tidak memperhatikan guru, kurangnya
tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan guru seperti banyaknya
siswa yang tidak mengumpulkan tugas tepat waktu. Upaya yang dilakukan dalam
meningkatkan self regulated learning siswa adalah dengan layanan informasi
menggunakan pendekatan problem based learning. Tujuan dari penelitian ini
untuk melihat efektivitas layanan informasi menggunakan pendekatan problem
based learning dalam meningkatkan self regulated learning siswa.
Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan rancangan pre-test
dan post-test control group design. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa
MTsN 1 Kota Sungai Penuh yang berjumlah tujuh puluh orang siswa dengan
kategori self regulated learning rendah dan sedang. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu instrument self regulated learning dengan skala likert.
Teknik yang digunakan dengan cara purposive sampling. Data dianalisis
menggunakan uji wilcoxon Signed Ranks Test dan uji Kolmogrof Smirnov 2
Independent Sample dengan bantuan SPSS versi 20.00.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan informasi menggunakan
pendekatan problem based learning efektif dalam meningkatkan self regulated
learning siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan dalam
membantu program layanan bimbingan konseling‚ terutama menggunakan
pendekatan problem based learning untuk mengatasi rendahnya self regulated
learning siswa.
Actions (login required)
|
View Item |