Perkembangan Usaha Bubuk Kopi Yunizar Taratak di Nagari Kubang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2000-2022

Armelia, Tiara (2023) Perkembangan Usaha Bubuk Kopi Yunizar Taratak di Nagari Kubang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2000-2022. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Tiara_Armelia_18046127_3828_2023.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perkembangan usaha bubuk kopi Yunizar Taratak Di Nagari Kubang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2000-2022. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah 1) Mendeskripsikan latar belakang munculnya usaha bubuk kopi Yunizar Taratak di Nagari Kubang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota, 2) Menjelaskan perkembangan usaha bubuk kopi Yunizar Taratak di Nagari Kubang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2000-2022. Penelitian ini dilakukan dengan metode sejarah (historical method) yang terdiri dari empat tahap. Pertama yaitu, heuristik merupakan tahapan pengumpulan bahan dan sumber, baik primer maupun sekunder. Kedua kritik sumber, kritik sumber terdiri dari kritik ekstern dan kritik intern. Ketiga intepretasi yang berupa penafsiran-penafsiran yang merajuk pada fakta-fakta yang dihasilkan untuk menghubungkan dan mengaitkan kaitan fakta sehingga menghasilkan suatu kesatuan makna, dan keempat historiografi merupakan tahap kegiatan penulisan hasil penelitian sejarah. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Latar belakang munculnya usaha bubuk kopi Yunizar Taratak berkaitan dengan diberhentikannya Yunizar sebagai pekerja penggiling kopi pada industri bubuk kopi milik H..Muhammad Yasin yang terdapat di Koto Kaciak pada tahun 1970. Tahun 1972 Yunizar mulai mendirikan usaha bubuk kopi yang diproduksi secara tradisional. 2) Perkembangan usaha bubuk kopi Yunizar Taratak terdiri dari beberapa periode: (a) Periode Perkembangan Tahun 2000-2007 setelah terjadinya krisis moneter dan persaiangan tidak sehat antara usaha bubuk kopi menjadikan Yunizar mengemas bubuk kopi menggunakan merek dagang dengan nama Bubuk Kopi Asli Yunizar (b) Periode 2007-2014 usaha bubuk kopi Yunizar mengalami pasang surut karena bahan baku kopi cukup mahal dan langka hingga pemasaran mulai meluas (c) Periode 2014-2022 proses produksi lebih maju dengan bergantinya alat tardisonal menjadi modern menggunakan tenaga mesin serta jumlah prouksi meningkat dan telah keluarnya Nomor Induk Berusaha (NIB) atas rekomendasi penulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRusdi, RusdiUNSPECIFIED
CorrectorNaldi, HendraUNSPECIFIED
CorrectorSyafrina, YeldaUNSPECIFIED
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:57
Last Modified: 06 Nov 2023 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48064

Actions (login required)

View Item View Item