Putri, Uci Kartika
(2023)
Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Melalui
Model PBL Berbantuan Media TTS pada Siswa Kelas XI IPS 1 SMA
Negeri 1 Batang Gasan, Padang Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar sosiologi siswa kelas
XI IPS 1 SMAN 1 Batang Gasan. Rendahnya hasil belajar disebabkan proses
belajar yang kurang partisipatif, aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan
(PAIKEM). Selama proses pembelajaran, guru menggunakan metode ceramah
secara berulang-ulang. Proses pembelajaran tersebut cenderung monoton, kurang
menarik dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Salah satu proses pembelajaran
yang dapat menciptakan pembelajaran PAIKEM melalui model Problem Based
Learning berbantuan media teka-teki silang.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa
kelas XI IPS 1 SMAN 1 Batang Gasan. Jenis penelitian menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) menurut Kemmis & McTaggart dengan jumlah siswa 21
orang di kelas XI IPS 1. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil
belajar sosiologi melalui penggunaan model Problem Based Learning berbantuan
media TTS. Diketahui bahwa presentase ketuntasan siswa pra tindakan berjumlah
33,33% meningkat sebesar 14,28% menjadi 47,61% pada siklus I. Pada siklus II
mengalami peningkatan sebesar 28,58% menjadi 76,19%. Dari data hasil belajar
tersebut menunjukan presentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan
sehingga dikategorikan baik.
Actions (login required)
|
View Item |