Putri, Suci Rahma
(2023)
Strategi Peningkatan
Kualitas Pelayanan Perusahaan Otobus NPM.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi peningkatan
transportasi darat. Fokus penelitian ke Otobus NPM. Berkaitan dengan Strategi
Peningkatan Kualitas Pelayanan Perusahaan Otobus NPM. Jenis penelitian ini
kualitatif. Hasil penelitian menggunakan analisis Manual Data Analysis Procedure
(MDAP). Jenis data primer dan sekunder, menunjukkan bahwa Analisa aspek untuk
strategi peningkatan kualitatif pelayanan diantaranya aspek tangible (berwujud)
masih terdapat fasilitas yang butuh perbaikan, dari aspek empathy (empati)
beberapa pegawai dalam memberikan pelayanan masih kurang memahami
kebutuhan pengguna layanan, dari aspek responsiveness (responsif) yaitu respon
terhadap keluhan masyarakat masih lambat dan kurang tanggap, dari aspek
reliability (kehandalan) pelayanan yang diberikan cukup akurat tetapi masih terjadi
keterlambatan, dan aspek terakhir assurance (jaminan) yaitu pengawasan belum
optimal dan kurangnya salam serta sapa. Kendala pada Strategi Peningkatan
Kualitas Pelayanan Perusahaan Otobus NPM kurangnya pemahaman masyarakat
sebagai pengguna jasa layanan, Beberapa sarana dan prasarana yang butuh
perbaikan dan diganti, Adanya kejadian yang tidak dapat diprediksi dengan nyata,
Terkadang terjadi keterlambatan dalam keberangkatan, Terjadi hal-hal yang
mengganggu keamanan, kenyamanan, dan keselamatan penumpang. Terakhir
Solusi dalam menghadapi kendala dari Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan
Otobus NPM, solusi diantaranya melakukan evaluasi kinerja dengan rutin untuk
meningkatkan kualitas pelayanan, melakukan rekruitmen karyawan dengan seleksi
yang ketat dan sesuai potensinya masing serta diberikan pelatihan, melakukan
pengecekan, perawatan, dan perbaikan serta peningkatan sarana prasarana,
mengatur rute perjalanan dengan perhitungan yang tepat dan mencari jalan
alternatif untuk menghindari kendala di perjalanan, dan memberikan sosialisasi dan
edukasi berupa video animasi atau orientasi visual kepada masyarakat.
Actions (login required)
|
View Item |