Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Perusahaan Otobus NPM

Putri, Suci Rahma (2023) Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Perusahaan Otobus NPM. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Suci_Rahma_Putri_19042187_3903_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi peningkatan transportasi darat. Fokus penelitian ke Otobus NPM. Berkaitan dengan Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Perusahaan Otobus NPM. Jenis penelitian ini kualitatif. Hasil penelitian menggunakan analisis Manual Data Analysis Procedure (MDAP). Jenis data primer dan sekunder, menunjukkan bahwa Analisa aspek untuk strategi peningkatan kualitatif pelayanan diantaranya aspek tangible (berwujud) masih terdapat fasilitas yang butuh perbaikan, dari aspek empathy (empati) beberapa pegawai dalam memberikan pelayanan masih kurang memahami kebutuhan pengguna layanan, dari aspek responsiveness (responsif) yaitu respon terhadap keluhan masyarakat masih lambat dan kurang tanggap, dari aspek reliability (kehandalan) pelayanan yang diberikan cukup akurat tetapi masih terjadi keterlambatan, dan aspek terakhir assurance (jaminan) yaitu pengawasan belum optimal dan kurangnya salam serta sapa. Kendala pada Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Perusahaan Otobus NPM kurangnya pemahaman masyarakat sebagai pengguna jasa layanan, Beberapa sarana dan prasarana yang butuh perbaikan dan diganti, Adanya kejadian yang tidak dapat diprediksi dengan nyata, Terkadang terjadi keterlambatan dalam keberangkatan, Terjadi hal-hal yang mengganggu keamanan, kenyamanan, dan keselamatan penumpang. Terakhir Solusi dalam menghadapi kendala dari Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Otobus NPM, solusi diantaranya melakukan evaluasi kinerja dengan rutin untuk meningkatkan kualitas pelayanan, melakukan rekruitmen karyawan dengan seleksi yang ketat dan sesuai potensinya masing serta diberikan pelatihan, melakukan pengecekan, perawatan, dan perbaikan serta peningkatan sarana prasarana, mengatur rute perjalanan dengan perhitungan yang tepat dan mencari jalan alternatif untuk menghindari kendala di perjalanan, dan memberikan sosialisasi dan edukasi berupa video animasi atau orientasi visual kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFrinaldi, AldriUNSPECIFIED
CorrectorKhaidir, AfrivaUNSPECIFIED
CorrectorSyafril, RizkiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:59
Last Modified: 06 Nov 2023 07:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48059

Actions (login required)

View Item View Item