Muslim, Aisyah (2023) Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Subjective Well-Being Siswa Madrasah ‘Aliyah di Era New Normal”. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Text
B1_5_Aisyah_Muslim_18006084_2796_2023.pdf Download (0B) |
Abstract
diri sendiri terhadap peristiwa yang terjadi dalam hidupnya yang bersifat kognitif dan afektif untuk mencapai kualitas hidup. Subjective well-being yang tinggi ditandai dengan meningkatnya kepuasan hidup dan seringnya merasakan emosi positif dibandingkan emosi negatif. Seseorang yang memiliki subjective well-being yang rendah akan berpengaruh pada akademik dan kehidupan efektif siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi subjective well-being siswa adalah dukungan sosial teman sebaya. Dukungan sosial yang diberikan teman sebaya mampu meredam emosi negatif yang dirasakan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk; 1). Mendeskripsikan dukungan sosial teman sebaya 2). Mendeskripsikan subjective well-being dan 3). Menguji dan menganalisis hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan subjective well-being. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 412 orang siswa yang terdaftar di kelas XI dan XII MAS Ar-Risalah pada Tahun 2022/2023 dengan sampel sebanyak 203 orang siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dukungan sosial teman sebaya dan angket subjective well-being. Data diolah menggunakan Teknik analisis persentase dan untuk menguji dan menganalisis hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan subjective well-being menggunakan rumus pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum dukungan sosial teman sebaya berada pada kategori tinggi dengan persentase 48,76%. Sedangkan, subjective well-being siswa secara umum berada pada kategori sedang dengan persentase 46,3%. Hasil analisis korelasi terdapat hubungan yang positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan subjective well-being siswa di MAS Ar-Risalah di era new normal dengan besar korelasi 0,673 yang berada pada kategori kuat dan taraf signifikansi 0,000
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs. Dina Aulia Sari | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2023 04:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2023 04:43 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48052 |
Actions (login required)
View Item |