Diklat 3 in 1 Pembuatan Hiasan Busana dengan Alat Jahit Tangan Angkatan X (Sulaman Benang Emas) di Balai Diklat Industri Padang.

Sasmita, Sasmita (2023) Diklat 3 in 1 Pembuatan Hiasan Busana dengan Alat Jahit Tangan Angkatan X (Sulaman Benang Emas) di Balai Diklat Industri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_SASMITA_18005033_831_2023.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditulis berdasarkan Diklat 3 in 1 Pembuatan Hiasan Busana dengan Alat Jahit Tangan Angkatan X (Sulaman Benang Emas) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat, keterampilan hidup, dan menciptakan lapangan kerja di bidang bordir dan fashion. Program diklat ini, masyarakat dapat berkreasi dan dapat menyalurkan potensinya. Kegiatan pelatihan ini merupakan wujud pemberdayaan Sumber Daya Manusia ditujukan pada masyarakat yang membutuhkan pelatihan agar keahlian yang mereka miliki dapat diakui secara resmi dalam bentuk sertifikat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggambarkan proses pelaksanaan Diklat 3 in 1 Pembuatan Hiasan Busana dengan Alat Jahit Tangan Angkatan X (Sulaman Benang Emas) dalam melakukan pelatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitiannya yaitu studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu ketua penyelenggara diklat sebagai subyek penelitian dan ketua pelaksana diklat, instruktur dan peserta sebagai infroman penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelatihan keterampilan yaitu mulai dari 1) Perencanaan, dalam perencanaan ada beberapa tahapan yaitu identifikasi kebutuhan pelatihan, menyusun program pelatihan, rekrutmen dan seleksi, menyusun rencana pelatihan, menyiapkan sumber daya manusia, menyiapkan fasilitas pelatihan, menyusun jadwal pelatihan, dan menyiapkan administrsi pelatihan; 2) Pelaksanaan; 3) Pendampingan; dan 4) Evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNatsir, NatsirUNSPECIFIED
CorrectorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:40
Last Modified: 06 Nov 2023 04:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48048

Actions (login required)

View Item View Item