Hubungan antara Pengasuhan Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 3-4 Tahun di Desa Tenam Kecamatan Muara Bulian

Marinta, Ririn (2023) Hubungan antara Pengasuhan Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 3-4 Tahun di Desa Tenam Kecamatan Muara Bulian. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_RIRIN_MARINTA_18005025 _1281_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan sosial emosional anak usia 3-4 tahun yang ditemui di Desa Tenam Kecamatan Muara Bulian di duga karena pengasuhan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan gambaran mengenai pengasuhan orang tua, perkembangan sosial emosional anak usia 3-4 tahun, dan hubungan antara pengasuhan orang tua dengan perkembangan sosial emosional anak usia 3-4 tahun di Desa Tenam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak usia 3-4 tahun. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan korelasi rumus Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengasuhan orang tua kepada anak tergolong rendah, perkembangan sosial emosional anak usia 3-4 tahun tergolong rendah, dan terdapat hubungan antara pengasuhan orang tua dengan perkembangan sosial emosional anak usia 3-4 tahun di Desa Tenam Kecamatan Muara Bulian. Disarankan kepada orang tua, agar selalu terlibat dalam pengasuhan anak-anaknya dan memperhatikan perkembangan sosial emosional, sehingga anak dapat bersosialisasi dan mengelola emosinya dengan baik. Serta kepada peneliti lain supaya melihat fenomena tambahan terkait perkembangan anak dengan menggunakan variabel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyuraini, SyurainiUNSPECIFIED
CorrectorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorSunarti, VeviUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:06
Last Modified: 06 Nov 2023 03:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48044

Actions (login required)

View Item View Item