Pengembangan Usaha Keterampilan Sulam Timbul dalam Peningkatan Pendapatan Keluarga (Studi Kasus di Kabupaten Solok Selatan).

Larasati, Resti (2023) Pengembangan Usaha Keterampilan Sulam Timbul dalam Peningkatan Pendapatan Keluarga (Studi Kasus di Kabupaten Solok Selatan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_RESTI_LARASATI_18005077_1279_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena suksesnya perkembangan usaha keterampilan sulam timbul yang dijalankan oleh salah seorang warga masyarakat, yang mengadakan pelatihan keterampilan untuk ibu-ibu rumah tangga. Tujuan dari peneliti yaitu untuk mengambarkan proses pengembangan usaha keterampilan sulam timbul mulai dari strategi komunikasi, metode dan teknik pelatihan dan pemasaran produk keterampilan sulam timbul di Solok Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini pengelola usaha keterampilan sulam timbul sebagai subjek peneliti dan anggota keterampilan sulam timbul sebagai informan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik kabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pengembangan usaha keterampilan sulam timbul dimulai dari komunikasi, menggunakan komunikasi yang akrab dan ramah antara pengelola dengan anggota, teknik komunikasi membujuk dan memotivasi. Proses pelatihan keterampilan dimulai dari perencanaan, pelasanaan, pendampingan, evaluasi dan tindak lanjut. Strategi pemasaran keterampilan sulam timbul dimulai dari memperhatikan standar kualitas hasil keterampilan, promosi yang dilakukan melalui pemerintah, anggota dan memanfaatkan sosial media dan proses menjalin kemintraan kebeberapa perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmaniar, IsmaniarUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
CorrectorSunarti, VeviUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:01
Last Modified: 06 Nov 2023 01:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48039

Actions (login required)

View Item View Item