Isnaini Z, Nadia
(2023)
Hubungan Pendidikan Keluarga dengan Perilaku Moral Remaja di Nagari Kurnia Koto Salak.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perilaku moral remaja di
Nagari Kurnia Koto Salak. Hal ini diduga karena kurangnya penerapan
pendidikan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menggambarkan
pendidikan keluarga; 2) menggambarkan perilaku moral remaja; 3) melihat
hubungan pendidikan keluarga dengan perilaku moral remaja di Nagari Kurnia
Koto Salak.
Jenis penelitian ini adalah korelasional menggunakan pendekatan
kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah remaja di Nagari Kurnia Koto
Salak yang berjumlah 48 orang dan sampel yang diambil sebanyak 30 orang
dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data
menggunakan rumus persentase dan rumus product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan Keluarga pada remaja
tergolong rendah; 2) Perilaku moral remaja di Nagari Kurnia Koto Salak
tergolong rendah; 3) terdapat hubungan signifikan antara pendidikan keluarga
dengan perilaku moral remaja di Nagari Kurnia Koto Salak. Saran penelitian
adalah: 1) diharapkan kepada keluarga agar dapat memberikan pendidikan yang
terbaik sehingga anak dapat tumbuh menjadi remaja yang bermoral; 2) diharapkan
kepada anak remaja untuk menerima pendidikan moral dalam keluarga dengan
sebaik mungkin; 3) diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti variabel
baru sehingga dapat memperbanyak dan memperlengkap variabel yang akan
diteliti.
Actions (login required)
|
View Item |