Luke, Moriarti Warjean
(2023)
Efektivitas Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Pembelajaran Sandpaper Letter Bagi Anak Cerebal Palsy di Yayasan Rumah Gadang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di
Yayasan Rumah Gadang Cerebal Palsy, peneliti menemukan seorang anak perempuan
inisial L belum bisa membaca permulaan sedangkan anak sudah mengenal huruf abjad
dari A-Z, di Yayasan anak belajar membaca menggunakan gambar kata sehingga anak
kurang memahami membaca permulaan. Oleh karena itu peneliti ingin membantu anak
dalam membaca permulaan menggunkan media pembelajaran Sandpaper Letter.
Media Pembelajaran Sandpaper Letter adalah media pembelajaran yang terbuat
dari kertas amplas yang disusun menjadi huruf abjad, dari media pembelajaran tersebut
nanti akan dibentuk pola kata KVKV. Hal ini dikarena memudahkan anak untuk
membaca permulaan dengan memperkenalkan pola kata KVKV tersebut. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui sebab dan
akibat, dengan Single Subject Research (SSR) metode A-B-A. A1yaitu kondisi baseline
pertama tanpa intervensi, B yaitu intervensi dan A2 kondisi setelah diberikan intervensi.
Hasil penelitian dari masing-masing fase diketahui bahwasanya A1 anak
mendapatkan data stabil dengan point persentase 30%, kondisi intervensi (B) anak
mendapatkan nilai dengan point persentase yaitu 88% dan kondisi setelah diberikan
intervensi (A2) dengan nilai persentase yaitu 92% sehingga dari hasil penelitian yang
dilakukan ada peningkatan dalam kemampuan membaca permulaan bagi anak cerebal
palsy menggunkan media pembelajaran Sandpaper Letter dengan pola kata KVKV.
Actions (login required)
|
View Item |