Hubungan antara Implementasi Tata Tertib dengan Kedisiplinan Siswa Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler UKS di SMP Negeri 5 Padang.

Herlinda, Mita (2023) Hubungan antara Implementasi Tata Tertib dengan Kedisiplinan Siswa Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler UKS di SMP Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_MITA_HERLINDA_18005016_1249_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler UKS di SMP Negeri 5 Padang, hal ini diduga ada hubungannya dengan implementasi tata tertib peserta didik pada ekstrakurikuler UKS tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran dari implementasi tata tertib peserta didik dan kedisiplinan peserta didik mengikuti ekstrakurikuler UKS serta mengetahui hubungan antara implementasi tata tertib dengan kedisiplinan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler UKS di SMP N 5 Padang. Penelitian ini berjenis kuantitatif korelasional dengan melihat hubungan antara implementasi tata tertib dan kedisiplinan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler UKS di SMP N 5 Padang. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase untuk melihat gambaran kedua variabel dan teknik sperman rho untuk melihat hubungan antara kedua variabel tersebut. Dengan populasi sebanyak 31 orang dan sampel diambil 70% dari populasi yaitu sebanyak 21 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi tata tertib dikategorikan cukup rendah, (2) Kedisiplinan dikategorikan rendah, (3) adanya hubungan yang positif dan signifikan antara implementasi tata tertib dengan kedisiplinan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler UKS di SMP N 5 Padang. Disarankan kepada: (1) Peserta didik untuk dapat mentaati aturan yang telah ditetapkan pihak sekolah dalam kegiatan ekstrakurikuler terutama siswa yang mengikuti ekstrakurikuler UKS, (2) Pembina ekstrakurikuler UKS untuk lebih memperhatikan pelaksanaan tata tertib kegiatan ekstrakurikuler UKS, dan (3) Peneliti selanjutnya untuk dapat mengidentifikasi karakteristik atau variabel lain yang berhubungan dengan kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSunarti, VeviUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, MhdUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:05
Last Modified: 06 Nov 2023 01:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48030

Actions (login required)

View Item View Item