Herlinda, Mita
(2023)
Hubungan antara Implementasi Tata Tertib dengan Kedisiplinan Siswa Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler UKS di SMP Negeri 5 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan peserta
didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler UKS di SMP Negeri 5
Padang, hal ini diduga ada hubungannya dengan implementasi tata tertib
peserta didik pada ekstrakurikuler UKS tersebut. Penelitian ini bertujuan
untuk melihat gambaran dari implementasi tata tertib peserta didik dan
kedisiplinan peserta didik mengikuti ekstrakurikuler UKS serta mengetahui
hubungan antara implementasi tata tertib dengan kedisiplinan mengikuti
kegiatan ekstrakurikuler UKS di SMP N 5 Padang.
Penelitian ini berjenis kuantitatif korelasional dengan melihat
hubungan antara implementasi tata tertib dan kedisiplinan mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler UKS di SMP N 5 Padang. Teknik analisis data menggunakan
teknik persentase untuk melihat gambaran kedua variabel dan teknik sperman
rho untuk melihat hubungan antara kedua variabel tersebut. Dengan populasi
sebanyak 31 orang dan sampel diambil 70% dari populasi yaitu sebanyak 21
orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi tata tertib
dikategorikan cukup rendah, (2) Kedisiplinan dikategorikan rendah, (3)
adanya hubungan yang positif dan signifikan antara implementasi tata tertib
dengan kedisiplinan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler UKS di SMP N 5
Padang. Disarankan kepada: (1) Peserta didik untuk dapat mentaati aturan
yang telah ditetapkan pihak sekolah dalam kegiatan ekstrakurikuler terutama
siswa yang mengikuti ekstrakurikuler UKS, (2) Pembina ekstrakurikuler UKS
untuk lebih memperhatikan pelaksanaan tata tertib kegiatan ekstrakurikuler
UKS, dan (3) Peneliti selanjutnya untuk dapat mengidentifikasi karakteristik
atau variabel lain yang berhubungan dengan kedisiplinan.
Actions (login required)
|
View Item |