Mila, Muzam
(2016)
Faktor-Faktor Penyebab Siswa Membolos dan
Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan
Konseling.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Di lingkungan sekolah, pelanggaran terhadap berbagai aturan dan tata
tertib sekolah masih sering ditemukan yang merentang dari pelanggaran ringan
sampai pelanggaran tingkat tinggi. Salah satu contoh dari pelanggaran tata tertib
misalnya siswa yang membolos. Siswa tidak berada di sekolah pada saat jam-jam efektif belajar dan tidak meninggalkan keterangan yang sah dari orang tua.
Ada banyak faktor yang menjadi penyebab siswa membolos. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa membolos di SMPN
12 Padang.
Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa yang membolos yang ada di SMPN 12
Padang, sebanyak 60 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
angket dan dianalisis dengan menggunakan teknik persentase.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa faktor-faktor penyebab siswa
membolos berada pada kategori tinggi dengan rincian 1.) Faktor-faktor penyebab
dari segi faktor internal berada pada kategori sedang, 2.) Faktor-faktor penyebab
dari segi faktor eksternal berada pada kategori tinggi. Dari hasil penelitian ini,
saran yang diberikan guru pembimbing adalah agar guru pembimbing
memberikan berbagai jenis layanan kepada siswa tersebut sesuai dengan
kebutuhan dan masalah siswa, tujuannya untuk mengoptimalkan agar siswa tidak
cenderung melakukan perilaku membolos.
Actions (login required)
|
View Item |