Efektivitas Layanan Informasi dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa (Studi Eksperimen terhadap Siswa/i Kelas VIII SMPN 2 Sawahlunto).

Nova, Lisa Mardian (2016) Efektivitas Layanan Informasi dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa (Studi Eksperimen terhadap Siswa/i Kelas VIII SMPN 2 Sawahlunto). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_LISA_MARDIAN_NOVA_1100519_1234_2016.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini ditemukan sebagian siswa memiliki kebiasaan belajar yang kurang mendukung, yang ditunjukkan dengan perilaku siswa hanya belajar pada saat ada tugas dan ketika akan menghadapi ujian saja. Ada siswa yang sudah tidak mau mencatat hal-hal penting yang dijelaskan guru, selain itu juga ada siswa yang menunda tugas. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan: (1) Peningkatan kebiasaan belajar siswa kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan setelah (posttest) diberikan perlakuan layanan informasi dengan pendekatan problem based learning; (2) Peningkatan kebiasaan belajar siswa kelompok kontrol pada sebelum (pretest) dan setelah (posttest) tanpa diberi perlakuan layanan informasi dengan pendekatan problem based learning; (3) Perbedaan peningkatan kebiasaan belajar siswa antara kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan layanan informasi dengan pendekatan problem based learning dengan siswa kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan layanan informasi dengan pendekatan problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Quasy-Experiment. Subjek penelitiannya siswa kelas VIII.E SMPN 2 Sawahlunto yang berjumlah 20 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.G SMPN 2 Sawahlunto yang berjumlah 20 orang sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner (angket). Data kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus Wilcoxon Signed Ranks test dan KolmogorovSmirnov Two Independent Sampel dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20. Berdasarkan temuan penelitian ini yaitu: (1) terdapat peningkatan yang signifikan pada kebiasaan belajar siswa dari efektivitas layanan informasi pada kelompok eksperimen melalui pendekatan problem based learning, (2) tidak terdapat peningkatan yang signifikan pada kebiasaan belajar siswa dari efektivitas layanan informasi pada kelompok kontrol melalui pendekatan problem based learning, (3) terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kebiasaan belajar siswa pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan informasi dengan pendekatan problem based learning, Oleh karena itu guru BK disarankan dapat mengembangkan layanan bimbingan dan konseling terutama layanan informasi untuk membantu meningkatkan kebiasaan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi, Problem Based Learning, Kebiasaan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Andi Saputra M. Kom
Date Deposited: 06 Nov 2023 08:19
Last Modified: 06 Nov 2023 08:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48023

Actions (login required)

View Item View Item