Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembinaan Kegiatan Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PKMB) Oleh Panitia di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Fitria, Linda (2016) Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembinaan Kegiatan Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PKMB) Oleh Panitia di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_LINDA_FITRIA_1100167_1067_2016.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang terlaksananya pembinaan dalam kegiatan pengenalan kampus mahasiswa baru (PKMB) oleh panitia di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai persepsi mahasiswa terhadap pembinaan kegiatan pengenalan kampus mahasiswa baru (PKMB) oleh panitia di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang dilihat dari kegiatan dan pelayanan akademik, nilai budaya dan softskill,organisasi dan kegiatan kemahasiswaan, layanan kemahasiswaan, persiapan penyesuaian diri di perguruan tinggi dan peraturan dan tata tertib. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasinya adalah semua mahasiswa baru tahun masuk 2014 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang yang berjumlah 941 orang, banyaknya sampel penelitian adalah 98 orang mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik probability random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan menggunakan Skala Likert yang sudah dimodifikasi, dengan 5 (lima) alternatif jawaban yaitu Selalu (SL), Sering (SR), Kadang-kadang (KD), Jarang (JR), Tidak Pernah (TP), yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data uji coba angket menggunakan program SPSS (Statistic Package and Social Science) 16,0 For Windows, dengan perolehan angka reliabilitas pembinaan mahasiswa sebesar 0,969 dan validitasnya diperoleh 37 butir yang valid dari 41 butir instrumen. Data dianalisis dengan rumus mean atau rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh diketahui bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembinaan kegiatan pengenalan kampus mahasiswa baru (PKMB) oleh panitia di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang dilihat pada indikator kegiatan dan pelayanan akademik berada pada kategori baik dengan skor 3,6 untuk indikator nilai budaya dan softskill sudah berjalan dengan baik dengan skor 3,6, untuk indikator organisasi dan kegiatan kemahasiswaan berada pada kategori baik dengan skor 3,6, untuk indikator layanan kemahasiswaan berada pada kategori cukup baik dengan skor 3,5, untuk indikator persiapan penyesuaian diri di perguruan tinggi berada pada kategori baik dengan skor 3,8, dan indikator peraturan dan tata tertib juga berada pada kategori baik dengan skor 3,8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembinaan kegiatan pengenalan kampus mahasiswa baru (PKMB) oleh panitia di Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Padang berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,6.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSabandi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorNellitawati, NellitawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengenalan Kampus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Andi Saputra M. Kom
Date Deposited: 06 Nov 2023 08:28
Last Modified: 06 Nov 2023 08:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48021

Actions (login required)

View Item View Item