Frescilliya, Juwita
(2016)
Persepsi Siswa Pendidikan Keahlian
Administrasi Perkantoran (PKAP) Tentang
Manajemen Fasilitas Belajar di SMK Negeri 2
Kota Bukittinggi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh studi awal penulis yaitu wawancara
dan pengamatan informal di SMK Negeri 2 kota Bukittinggi pada waktu penulis
melaksanakan Praktek Lapangan Kependidikan, yang menunjukkan bahwa
manajemen fasilitas belajar belum seperti yang diharapkan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa PKAP tentang manajemen fasilitas
belajardi SMK Negeri 2 Kota Bukittinggi dalam (1) manajemen fasilitas
laboratorium, (2) manajemen fasilitas perpustakaan, dan (3) manajemen fasilitas
kelas.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa PKAP SMK Negeri 2
Kota Bukittinggi yang berjumlah 426 orang. Sampel penelitian sebanyak 15%
dari populasi yang berjumlah 64 orang. Sampel diambil menggunakan teknik
purpossive random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah
angket model skala Likert. Angket dinyatakan valid dengan rho hitung = 0,853
dan rho Tabel = 0,648 serta reliabel dengan r hitung = 0,991 dan r Tabel = 0,632
pada taraf kepercayaan 95%. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Siswa PKAP tentang
Manajemen Fasilitas Belajar di SMK Negeri 2 kota Bukittinggi dalam:
1) manajemen fasilitas laboratorium berada pada kategori cukup dengan tingkat
capaian 76,55%, 2) manajemen fasilitas perpustakaan berada pada kategori cukup
dengan tingkat capaian 75,60%, 3) manajemen fasilitas kelas berada pada kategori
baik dengan tingkat capaian 80,10%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa PKAP tentang
manajemen fasilitas belajar di SMK Negeri 2 kota Bukittinggi berada pada
kategori cukup dengan tingkat capaian 77,42%
Actions (login required)
|
View Item |