Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah di SDN Kecamatan Padang Timur Kota Padang

Panjaitan, Tuti Berlina (2016) Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah di SDN Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_TUTI_BERLINA_PANJAITAN_53944_1951_2016.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis di SDN Kecamatan Padang Timur Kota Padangyang menunjukkan bahwapenyusunan rencana pengembangan sekolah di SDN Kecamatan Padang Timur Kota Padang tersebut masih terlihat kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran dan informasi tentang penyusunan rencana pengembangan sekolah di SDN Kecamatan Padang Timur Kota Padang, dilihat melalui: 1) Melakukan analisis lingkungan strategis sekolah, 2) Melakukan analisis situasi pendidikan saat ini, 3) Melakukan analisis situasi pendidikan sekolah yang diharapkan 5 tahun ke depan, 4) Identifikasi tantangan nyata antara pendidikan saat ini dengan pendidikan 5 tahun ke depan , 5) Merumuskan visi sekolah, 6) Merumuskan misi sekolah, 7) Merumuskan tujuan sekolah, 8) Merumuskan strategi penilaian/pencapaian, 9) Menentukan rencana biaya (alokasi dana), 10) Membuat monitoring dan evaluasi MONEV). Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian adalah keseluruh kepala sekolah yang berada di SDN Kecamatan Padang Timur Kota Padang yang berjumlah 33 orang. Alat pengumpul data adalah angket dengan model skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data penelitian ini adalah skor rata-rata (Mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan rencana pengembangan sekolah di SDN Kecamatan Padang Timur Kota Padang dilihat melalui: 1) Melakukan analisis lingkungan strategis sekolah berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 3,0, 2) Melakukan analisis situasi pendidikan saat ini berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 3,4, 3) Melakukan analisis situasi pendidikan sekolah yang diharapkan 5 tahun ke depan berada pada kategori baikdengan skor rata-rata 3,9, 4) Identifikasi tantangan nyata antara pendidikan saat ini dengan pendidikan 5 tahun ke depan berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,8, 5) Merumuskan visi sekolah berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 3,1, 6) Merumuskan misi sekolah berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 3,1, 7) Merumuskan tujuan sekolah berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 3,1, 8) Merumuskan strategi penilaian/pencapaian berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 3,2, 9) Menentukan rencana biaya (alokasi dana) berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 3,0, 10) Membuat monitoring dan evaluasi MONEV) berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 3,1. Secara keseluruhan penyusunan rencana pengembangan sekolah di SDN Kecamatan Padang Timur Kota Padang berada pada ketegori cukup dengan skor rata-rata 3,2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Andi Saputra M. Kom
Date Deposited: 06 Nov 2023 08:11
Last Modified: 06 Nov 2023 08:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47990

Actions (login required)

View Item View Item