Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik pada Tema Lingkungan dengan Pendekatan Saintifik di Kelas I SD Negeri 11 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman

Sari, Dia Permata (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik pada Tema Lingkungan dengan Pendekatan Saintifik di Kelas I SD Negeri 11 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RAHMI_DELWITA_SARI_1209575_2751_2016.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi guru dan pembelajaran tematik masih nampak pemisahan antar bidang studi satu dengan yang lain. Berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru kelas I ditemukan pembelajaran kurang menarik bagi siswa, proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik di kelas I SDN 11 VII Koto Sungai Sarik Kab. Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari siklus I dan siklus II dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN 11 VII Koto Sungai Sarik Kab. Padang Pariaman. Data penelitian ini adalah data rencana pembelajaran, data aktivitas guru dan data aktivitas siswa serta tes untuk melihat hasil belajar siswa. Data dikumpul melalui teknik observasi dan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan RPP Siklus I 75% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 89% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penelitian pada aspek guru Siklus I 73% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 90 % dengan kualifikasi baik sekali. Sedangkan hasil penelitian pada aspek siswa pada siklus I 75 % dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 90 % dengan kualifikasi baik sekali. Dengan demikian pendekatan saintifik dapat meningkatkan proses pembelajaran siswa kelas I SDN 11 VII Koto Sungai Sarik Kab. Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Andi Saputra M. Kom
Date Deposited: 06 Nov 2023 08:06
Last Modified: 06 Nov 2023 08:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47988

Actions (login required)

View Item View Item