Rinaldo, Eril
(2016)
Persepsi Guru tentang Peran Komite Sekolah
Sebagai Badan Pengontrol di Sekolah Dasar (SD)
Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh studi awal penulis yaitu wawancara
informal dengan salah seorang kepala sekolah dan guru di SD Kec. Bukit Sundi
terindikasi bahwa komite belum berperan secara optimal sebagai badan
pengontrol sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi
mengenai persepsi guru tentang peran komite sekolah sebagai badan pengontrol di
SD Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok yang meliputi (1) mengontrol
perencanaan pendidikan di sekolah (2) memantau pelaksanaan program sekolah
(3) memantau output pendidikan. .
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD yang ada di Kec.
Bukit Sundi Kab. Solok yang berjumlah 211 orang. Sampel penelitian berjumlah
58 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling.
Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket skala Likert dengan lima
pilihan jawaban yaitu Selalu (SL), Sering (SR), Kadng-kadang (KD), Jarang (JR),
dan Tidak Pernah (TP). Angket dinyatakan valid dengan r hitung=0.952 dan r
Tabel=0,648 serta reliabel dengan r hitung=0,990 dan r Tabel=0,632 pada taraf
kepercayaan 95%. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang peran komite
sekolah sebagai badan pengontrol di SD Kec. Bukit Sundi Kab. Solok dalam: (1)
mengontrol perencanaan pendidikan berada pada kategori cukup dengan
perolehan skor rata-rata 3,1, (2) memantau pelaksanaan program di sekolah
berada pada kategori cukup dengan perolehan skor rata-rata 3,0, (3) memantau
ouput pendidikan di sekolah berada pada kategori cukup dengan perolehan skor
rata-rata 3,1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru tentang
peran komite sekolah sebagai badan pengontrol di SD Kec. Bukit Sundi Kab.
Solok berada pada kategori cukup dengan perolehan skor rata-rata 3,1,
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan agar peran
komite sekolah sebagai badan pengontrol di SD Kec. Bukit Sundi Kab. Solok
lebih ditingkatkan dan dikembangkan lagi, sehingga diharapkan dapat membantu
sekolah mencapai tujuan pendidikan dengan lebih efektif dan efesien
Actions (login required)
|
View Item |