Pengembangan Media Pembelajaran Materi Dampak Sosial Informatika Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP

Pangestu, Dwi Maulan (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Materi Dampak Sosial Informatika Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_DWI_MAULAN_PANGESTU_19004049_7710_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha untuk meningkatkan kualitas hidup dan sumber daya manusia. Namun dalam pendidikan tidak lepas dengan berbagai dinamika permasalahannya. Salah satu permasalahan pokok pendidikan adalah masalah mutu pendidikan yang ditandai oleh kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar sehingga menurunnya keterlibatan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah “apakah pengembangan media pembelajaran materi dampak sosial informatika pada mata pelajaran informatika kelas VII layak digunakan untuk pembelajaran ?” Jenis penelitian ini adalah penelitian research an development (R & D), dengan tujuan untuk 1) melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis figma pada mata pelajaran informatika kelas VII SMP; 2) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis figma pada mata pelajaran informatika kelas VII SMP yang valid ; 3) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis figma pada mata pelajaran informatika kelas VII SMP. Model pengembangan yang digunakan ialah model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, & Disseminate). Subjek penelitian ialah peserta didik kelas VII SMP Angkasa Lanud Padang yang dilakukan pada Juli 2023 dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama validasi dari ahli materi dengan rata-rata skor 3,92 kategori sangat valid, kedua, hasil validasi dari para ahli media memperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 3,85 dengan kategori sangat valid. Ketiga, hasil uji praktikalitas pada siswa mendapatkan rata-rata skor sebesar 3,7 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, maka media pembelajaran berbasis figma pada mata pelajaran informatika kelas VII SMP sangat valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
CorrectorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorYusri, Meldi Ade KurniaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:45
Last Modified: 03 Nov 2023 07:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47960

Actions (login required)

View Item View Item