Asnita, Mela
(2023)
Pengaruh Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Hiragana.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala siswa yang cenderung menghafalkan kosakata dengan menggunakan huruf romaji tanpa melihat huruf hiragananya dan lupa akan hiragana yang dipelajari sebelumnya, karena media pembelajaran yang sebelumnya digunakan belum membuat siswa berminat dalam
mengingat hiragana. Pemilihan dan penggunaan media dalam pembelajaran perlu menyesuaikan kondisi, kebutuhan siswa, dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Berdasarkan hal tersebut peneliti akan menggunakan salah satu media edukasi terkait teknologi yaitu media platform yang bernama wordwall. Tujuan
Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh media wordwall terhadap hasil belajar hiragana dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media wordwall. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMAS Adabiah Padang yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji tes dengan uji paired sample t-test nilai signifikan pada kolom sig.(2tailed) bernilai 0,000, artinya lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak yang berarti bahwa media wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar hiragana siswa kelas kelas X MIPA SMAS Adabiah Padang. Kemudian hasil data angket mengenai tanggapan siswa terhadap penggunaan media wordwall dalam belajar hiragana menunjukkan nilai rata-rata 87. Artinya
terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media wordwall terhadap hasil belajar hiragana.
Actions (login required)
|
View Item |