Muhammad, Afandi
(2023)
Hubungan Komunikasi Interpersonal Tutor dengan Hasil Belajar Warga Belajar Paket C di PKBM Farilla Ilmi Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar warga belajar
paket C di PKBM Farilla Ilmi dilihat dari nilai rata-rata raport, Hal diduga ini
berhubungan dengan komunikasi interpersonal tutor. Penelitian ini bertujuan
untuk melihat gambaran komunikasi interpersonal tutor paket C di PKBM Farilla
Ilmi Kota Padang, gambaran hasil belajar warga belajar paket C di PKBM Farilla
Ilmi Kota Padang, dan hubungan komunikasi interpersonal tutor dengan hasil
belajar warga belajar paket C di PKBM Farilla Ilmi Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh warga belajar paket C di PKBM Farilla Ilmi
sebanyak 63 orang dan untuk sampel diambil sebanyak 71% dari populasi yaitu
sebanyak 45 orang dengan teknik stratified random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara untuk mendapatkan
data awal. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasional
(product moment) dan menggunakan bantuan IBM SPSS (Statistic Package and
Service Solution) versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) komunikasi interpersonal tutor masih
kurang efektif 2) hasil belajar paket C di PKBM Farilla Ilmi dilihat dari nilai rata-rata raport tergolong rendah dan 3) terdapat hubungan yang signifikan antara
komunikasi interpersonal tutor dengan hasil belajar paket C di PKBM Farilla Ilmi
Kota Padang.
Actions (login required)
|
View Item |