Pembelajaran Materi Musik Tradisional Minangkabau di Kelas XII IPS 2 SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Sandra, Fardha Dewi (2023) Pembelajaran Materi Musik Tradisional Minangkabau di Kelas XII IPS 2 SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_FARDHA_DEWI_SANDRA_19232003_2716_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran materi musik tradisional Minangkabau di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui cara studi pustaka, wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran materi music tradisional Minangkabau di kelas XII IPS 2 SMA Pembangunan Laboratorium UNP belum berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek : (1) RPP yang dirancang guru belum sesuai pada ketetapan yang ada (2) kurang tepatnya strategi dan metode pembelajaran yang digunakan guru. Strategi yang dipakai guru dalam proses pembelajaran memakai strategi ekspositori, dalam pelaksanaan strategi ekspositori ini guru menggunakan buku teks, referensi dan media bantu lainnya, namun strategi ini belum efektif digunakan, faktornya tidak semua siswa dapat mengerti dan paham apabila guru hanya dengan menggunakan strategi ekspositori dalam penyampaian pembelajaran, dan terlihat bahwa saat pembelajaran berlangsung siswa kurang nyaman dan kurang bersemangat jika pembelajaran hanya dilakukan selalu dengan strategi ekspositori. Begitu juga untuk metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah metode ceramah, dimana pembelajaran disampaikan dengan bercerita mulai dari kegiatan awal hingga pembelajaran selesai. Sehingga selama proses pembelajaran berlangsung, menimbulkan rasa bosan, mengantuk dan malas belajar pada siswa. Tampak guru juga belum dapat memvariasikan metode yang cocok untuk pelaksanaan pembelajaran musik tradisional Minangkabau, yang pada kenyataannya di dalam penyampaian pembelajaran tersebut dapat digunakan beberapa metode demi kelancaran tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLumbantoruan, JagarUNSPECIFIED
CorrectorArdipal, ArdipalUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Irdhan Epria DarmaUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 03 Nov 2023 01:08
Last Modified: 03 Nov 2023 01:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47932

Actions (login required)

View Item View Item