Sandra, Fardha Dewi
(2023)
Pembelajaran Materi Musik Tradisional Minangkabau di Kelas XII IPS 2 SMA Pembangunan Laboratorium UNP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran materi musik tradisional Minangkabau di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui cara studi pustaka, wawancara, observasi, serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran materi music tradisional Minangkabau di kelas XII IPS 2 SMA Pembangunan Laboratorium UNP belum berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek : (1) RPP yang dirancang guru belum sesuai pada ketetapan yang ada (2) kurang tepatnya strategi dan metode pembelajaran yang digunakan guru. Strategi yang dipakai guru dalam proses pembelajaran memakai strategi ekspositori, dalam pelaksanaan strategi ekspositori ini guru menggunakan buku teks, referensi dan media bantu lainnya, namun strategi ini belum efektif digunakan, faktornya tidak semua siswa dapat mengerti dan paham apabila guru hanya dengan menggunakan strategi ekspositori dalam penyampaian pembelajaran, dan terlihat bahwa saat pembelajaran berlangsung siswa kurang nyaman dan kurang bersemangat jika pembelajaran hanya dilakukan selalu dengan strategi ekspositori. Begitu juga untuk metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah metode ceramah, dimana pembelajaran disampaikan dengan bercerita mulai dari kegiatan awal hingga pembelajaran selesai. Sehingga selama proses pembelajaran berlangsung, menimbulkan rasa bosan, mengantuk dan malas belajar pada siswa. Tampak guru juga belum dapat memvariasikan metode yang cocok untuk pelaksanaan pembelajaran musik tradisional Minangkabau, yang pada kenyataannya di dalam penyampaian pembelajaran tersebut dapat digunakan beberapa metode demi kelancaran tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Actions (login required)
|
View Item |