Analisis Penggunaa Zat Aditif Octane Booster Campur Pertalite terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Kendaraan Sepeda Motor Honda Beat Esp 110cc Tahun 2020 dengan Teknik Pareto Optimal.

Pratama, Harris Yudha (2023) Analisis Penggunaa Zat Aditif Octane Booster Campur Pertalite terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Kendaraan Sepeda Motor Honda Beat Esp 110cc Tahun 2020 dengan Teknik Pareto Optimal. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_9_HARRIS_YUDHA_PRATAMA_18073086_5972_2023.pdf

Download (901kB) | Preview

Abstract

Cukup banyak pengguna sepeda motor yang tidak mengetahui bahan bakar apa yang sesuai pada kendaraan yang digunakan. Perbandingan rasio kompresi dengan pemilihan bahan bakar sangatlah penting untuk mencegah dari pembakaran dini. penggunaan zat aditif octane booster sebagai campuran bahan bakar memiliki pengaruh terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemakaian octane booster campur Pertalite terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas uang pada sepeda motor Honda beat Esp 110cc tahun 2020. Metode pada penelitian ini ialah eksperimen yang dilakukan di workshop sepeda motor Teknik Otomotif Fakultas teknik Universitas Negeri Padang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data secara langsung pada tabel penelitian dari sepeda motor Honda Beat Esp 110cc tahun 2020 dan teknik analisis data yang digunakan ialah menggunakan teknik pareto optimal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Campuran bahan bakar pertalite dengan zat aditif octane booster tidak dapat mengurangi laju konsumsi dan malah membuat laju bahan bakar meningkat dan Emisi yang dikeluarkan menurun seiring ditambahnya campuran zat aditif octane booster.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLapisa, RemonUNSPECIFIED
CorrectorMilana, MilanaUNSPECIFIED
CorrectorWagino, WaginoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SEPEDA MOTOR, BAHAN BAKAR, EMISI GAS
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Nov 2023 08:35
Last Modified: 02 Nov 2023 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47926

Actions (login required)

View Item View Item