Pengaruh Lama Perendaman Benih Cabai Merah (Capsicum annum L.) Menggunakan Pseudomonad Fluoresen yang Tumbuh Dalam Medium Air Kelapa terhadap Perkecambahan

Gusnadi, Beni (2023) Pengaruh Lama Perendaman Benih Cabai Merah (Capsicum annum L.) Menggunakan Pseudomonad Fluoresen yang Tumbuh Dalam Medium Air Kelapa terhadap Perkecambahan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_BENI_GUSNADI_19032004_2121_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pseudomonad fluoresen merupakan kelompok bakteri rizosfir yang berperan sebagai agen biokontol. Pseudomonad fluoresen dapat menghasilkan berbagai senyawa, diantaranya Indole Acetic Acid (IAA) dan pelarut fosfat. Sehingga perendaman benih cabai merah (Capsicum annum) dengan pseudomonad fluoresen dapat meningkatkan perkecambahannya, seperti daya kecambah, panjang akar, dan tinggi batang. Perbanyakan pseudomonad fluoresen biasanya menggunakan Nutrient Broth (NB). Namun, untuk diaplikasikan memerlukan biaya yang tinggi, maka digunakan air kelapa sebagai alternatifnya. Air kelapa mengandung berbagai nutrisi untuk pertumbuhan bakteri. Selain itu, air kelapa adalah limbah organik yang mudah didapatkan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh lama perendaman benih cabai merah (Capsicum annum L.) menggunakan pseudomonad fluoresen yang tumbuh dalam medium air kelapa terhadap perkecambahannya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Pseudomonad fluoresen yang digunakan pada penelitian ini adalah isolat PfCas dan PfCas3. Perlakuan dari penelitian ini adalah perendaman benih cabai merah (Capsicum annum L.) dengan suspensi PfCasCas3 selama 3, 6, 9 jam, dan 1 kontrol (tanpa suspensi PfCasCas3). Hasil penelitian ini menunjukkan perendaman benih cabai merah dengan pseudomonad fluoresen tidak berpengaruh terhadap daya kecambah, panjang akar, tinggi batang, dan berat kering kecambah cabai merah (Capsicum annum L.)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdvinda, LindaUNSPECIFIED
CorrectorAnhar, AzwirUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Irma Leilani EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH LAMA PERENDAMAN BENIH CABAI MERAH (Capsicum annum L.)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:54
Last Modified: 02 Nov 2023 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47916

Actions (login required)

View Item View Item