Pengembangan Multimedia Tipe Tutorial Pada Bimbingan TIK Kelas VII SMP

Hermiati, Sita (2023) Pengembangan Multimedia Tipe Tutorial Pada Bimbingan TIK Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_SITA_HERMIATI_1300203_1669_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa, guru hanya menggunakan buku cetak sebagai panduan belajar, rasa ingin tahu siswa yang rendah dan sedikitnya memperoleh penguasaan materi tentang pembelajaran Bimbingan TIK. Pengembangan Multimedia Interaktif bagi peserta didik nantinya akan bermanfaat untuk mengembangkan kognitif dengan lebih baik, kreatif dan inovatif. Penggunan Multimedia Interaktif juga membantu siswa dalam memahami pembelajaran dan bisa menambah wawasan yang luas dalam pembelajaran Bimbingan TIK. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Multimedia Interaktif sebagai media pembelajaran bersifat interaktif yang bisa digunakan secara mandiri dan berkelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur penelitian pengembangan ini merujuk pada model Borg & Gall yang bersifat prosedural dan disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian. peneliti menyederhanakan langkah tersebut sesuai dengan kebutuhan peneliti menjadi 5 tahap penelitian yaitu: (1) Perencanaan (2) Pengembangan Produk Awal (3) Validasi Produk (4) Uji Ciba dan (5) Produk Akhir. Alat untuk mengumpulkan data adalah angket. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Pancung Soal dengan subjek penelitian 3 orang responden, yang terdiri dari seorang validator ahli materi yaitu guru IPA SMP N 1 Pancung Soal, 2 orang ahli media yaitu dosen jurusan KTP FIP UNP. Sampel penelitian ini melibatkan 24 orang siswa kelas VII SMP N 1 Pancung Soal Hasil analisis menunjukkan bahwa produk pada aspek materi dan aspek media memperoleh skor maksimum 5 dan produk multimedia interaktif dapat dikategorikan “sangat valid”. Hasil analisis berdasarkan uji coba produk media pembelajaran berada pada kategori praktis dengan jumlah rata-rata 4.62 Dapat ditarik kesimpulan bahwa Multimedia Interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran Bimbingan TIK kelas VII di SMP N 1 Pancung Soal valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorZuwirma, ZuwirmaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:41
Last Modified: 02 Nov 2023 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47910

Actions (login required)

View Item View Item