Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP N 40 Padang

Fadila, Nadia Riski (2023) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP N 40 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_NADIA_RISKI_FADILA_18004131_3485_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru, untuk mencapai tujuan pembelajaran tidak dapat terpisahkan dari metode yang digunakan. Metode pembelajaran yang digunakan mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing, tidak ada suatu metode pembelajaran yang lebih baik dari metode pembelajaran yang lain. Oleh karena itu guru harus bisa memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Karakteristik mata pelajaran IPS yang umumnya bersifat bacaan menyebabkan permasalahan bagi siswa dalam memahami materi bacaan tersebut. Oleh sebab itu perlu dipilih metode pembelajaran yang sesuai, maka dilakukanlah penelitan yang bertujuan untuk melihat Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 40 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy eksperiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 40 Kota Padang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas VII. 1 (Kelas Eksperiment) dan siswa kelas VII.3 (Kelas Kontrol). Data yang diambil dari penelitian ini adalah data primer tentang hasil belajar IPS. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Setelah diperoleh data hasil belajar, dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan metode PQ4R yaitu 73,75 lebih tinggi dari yang menerapkan pembelajaran konvensional yaitu 60,16. Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh thitung > ttabel, yaitu 6,66 > 1,6706 pada taraf signifikan α 0,05. Dengan demikian penerapan metode PQ4R (Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 40 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahril, SyahrilUNSPECIFIED
CorrectorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
CorrectorAmilia, WinandaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:39
Last Modified: 02 Nov 2023 04:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47908

Actions (login required)

View Item View Item