Fadila, Nadia Riski
(2023)
Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP N 40 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru, untuk mencapai
tujuan pembelajaran tidak dapat terpisahkan dari metode yang digunakan.
Metode pembelajaran yang digunakan mempunyai kelebihan dan kelemahan
masing-masing, tidak ada suatu metode pembelajaran yang lebih baik dari metode
pembelajaran yang lain. Oleh karena itu guru harus bisa memilih metode
pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Karakteristik
mata pelajaran IPS yang umumnya bersifat bacaan menyebabkan permasalahan
bagi siswa dalam memahami materi bacaan tersebut. Oleh sebab itu perlu dipilih
metode pembelajaran yang sesuai, maka dilakukanlah penelitan yang bertujuan
untuk melihat Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R terhadap hasil
belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 40 Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy
eksperiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 40 Kota
Padang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik purposive
sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas VII. 1 (Kelas
Eksperiment) dan siswa kelas VII.3 (Kelas Kontrol). Data yang diambil dari
penelitian ini adalah data primer tentang hasil belajar IPS. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir
soal. Setelah diperoleh data hasil belajar, dilakukan uji normalitas dan uji
homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan
metode PQ4R yaitu 73,75 lebih tinggi dari yang menerapkan pembelajaran
konvensional yaitu 60,16. Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh thitung > ttabel,
yaitu 6,66 > 1,6706 pada taraf signifikan α 0,05. Dengan demikian penerapan
metode PQ4R (Preview, Questions, Read, Reflect, Recite, Review) berpengaruh
secara signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 40
Padang
Actions (login required)
|
View Item |