Pengembangan Water Cooler Brake dengan Penambahan Groove dan Airflow Brake dalam Upaya Peningkatan Pembuangan Panas pada Rem Tromol Mobil.

Amri, Faisal (2023) Pengembangan Water Cooler Brake dengan Penambahan Groove dan Airflow Brake dalam Upaya Peningkatan Pembuangan Panas pada Rem Tromol Mobil. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_9_FAISAL_AMRI_18073085_4428_2023.pdf

Download (978kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penambahan Groove dan Airflow Brake pada rem tromol mobil. Dimana penelitian ini dilakukan dalam upaya mengurangi tingkat temperatur suhu yang ada pada sistem rem tromol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dalam mengurangi temperatur suhu rem tromol mobil Calya dengan melakukan penambahan Groove dan Airflow Brake. Jenis metode penelitan yang digunakan adalah Eksperimen. Dan metode yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan tiga pengaplikasian, yaitu rem sama banyak (20 detik direm dan 20 detik lepas), pengaplikasian rem lebih banyak dilepas dari pada ditekan (10 detik direm dan 20 detik dilepas), dan pengaplikasain rem lebih banyak ditekan dari pada dilepas (20 detik direm dan 10 detik dilepas). Metode pengujian yang dilakukan yaitu dengan pengujian statis dengan alat yang telah dirancang sedemikian rupa. Objek penelitian yang digunakan dalam penilitian ini yaitu rem tromol mobil Calya 2016, dengan sebuah alat uji memakai mesin penggerak berbahan bakar Gasoline. Dari penelitian yang dilakukan dengan penambahan Water Cooler Brake, Groove, dan Airflow Brake dapat membantu upaya pengurangan suhu temperatur pada rem tromol dan kinerja dari rem tromol. Dilihat dari hasil temperatur suhu tertinggi dari masing masing objek penelitian. Pada rem tromol standard diperoleh suhu tertinggi sebesar 73,5 0C pada Kanvas Atas (KA) dan 67,3 0C pada Kanvas Bawah (KB), pada rem tromol Water Cooler Brake diperoleh suhu tertinggi sebesar 46,8 0C pada Kanvas Atas (KA) dan 51,0 0C pada Kanvas Bawah (KB), sementara pada rem tromol dengan penambahan Groove dan Airflow Brake diperoleh suhu tertinggi sebesar 37,0 0C pada Kanvas Atas (KA) dan 38,6 0C pada Kanvas Bawah (KB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmison, WandaUNSPECIFIED
CorrectorSugiarto, TotoUNSPECIFIED
CorrectorWagino, WaginoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: REM TROMOL, GROOVE BRAKE, AIRFLOW BRAKE.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:38
Last Modified: 02 Nov 2023 04:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47902

Actions (login required)

View Item View Item