Perbandingan Kemampuan Motorik Kasar Siswa TK Kartika Kota Bukittinggi Dengan Siswa TK Mutiara Ibu Tiku Selatan Kabupaten Agam

Rahman, Wahyu (2022) Perbandingan Kemampuan Motorik Kasar Siswa TK Kartika Kota Bukittinggi Dengan Siswa TK Mutiara Ibu Tiku Selatan Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_WAHYU_RAHMAN_18089121_1126.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbandingan Kemampuan Motorik Kasar Siswa TK Kartika Kota Bukittinggi Dengan Siswa TK Mutiara Ibu Tiku Selatan Kabupaten Agam. Hal ini dikarenakan motorik kasar mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan anak baik itu yang berada di kota maupun di desa. Metode dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian komparatif, artinya penelitian ini bersifat membandingkan atau mengetahui perbedaan. Penelitian ini lebih banyak menggunakan angka dalam menyajikan data, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data, serta penampilan hasilnya. Populasi di TK Kartika Kota Bukittinggi keseluruhan berjumlah 62 siswa yang terdiri dari 3 kelas. TK Mutiara Ibu Tiku Selatan Kabupaten Agam keseluruhan berjumlah 45 siswa yang terdiri 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan cara melakukan undian untuk pemilihan kelas yang akan dijadikan sampel. Dalam penelitian ini sampel untuk Tk Kartika Kota Bukittinggi berjumlah 22 siswa, sedangkan untuk siswa TK Mutiara Ibu Tiku Selatan Kabupaten Agam yang berjumlah 22 siswa. Insrumen yang dipakai untuk melihat kemampuan motorik kasar siswa TK adalah tes motorik kasar yang meliputi melompat, berjalan, berlari, latihan keseimbangan, melempar, dan menangkap bola (Gusril dalam Arsil, 2010: 179). teknik analisis data dengan teknik uji “T- Test” dan memakai taraf signifikan α = 0,05 untuk mengetahui perbedaan kemampuan motorik kasar siswa TK Kartika Kota Bukittinggi dengan TK Mutiara Ibu Tiku Selatan Kabupaten Agam Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulan bahwa terdapat perbandingan kemampuan motorik siswa TK Kartika Kota Bukittinggi dengan siswa TK Mutiara Ibu Tiku Selatan Kabupaten Agam, yang diperoleh dari pengujian koefisien Uji –t yaitu = 6,969 > = 2,021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKomaini, AntonUNSPECIFIED
CorrectorGusril, GusrilUNSPECIFIED
CorrectorNuridin, NuridinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motorik Kasar Siswa TK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:39
Last Modified: 02 Nov 2023 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47885

Actions (login required)

View Item View Item