Septyana, Sary
(2023)
Minat Belajar Peserta Didik dalam Mata
Pelajaran Sosiologi di Kelas XII IPS SMA Bunda Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu mengapa siswa kurang berminat
dalam belajar Sosiologi di SMA Bunda Padang.Tujuan peneliti ini adalah untuk
mengetahui minat belajar siswa dan penyebab rendahnya minat pembelajaran sosiologi di
SMA Bunda Padang.Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi karya ilmiah di bidang
pembelajaran sosiologi sehingga dapat menjadi masukan bagi peneliti lainnya yang ingin
mengkaji tentang minat belajarPada penelitian ini peneliti menggunakan metode
penelitian kualitatif. Metode kualitatif adalah penelitian untuk mendeskripsikan dan
menganalisis tentang fenomena, peristiwa, kepercayaan, sikap, dan aktivitas sosial secara
individual maupun kelompok. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus
yaitu penelitian yang dilakukan terfokus pada peserta didik kelas XII IPS SMA
Bunda.Jadi faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik di SMA Bunda
Padang terhadap mata pelajaran sosiologi yaitu kurangnya motivasi, kurangnya rasa
senang terhadap mata pelajaran sosiologi, tidak adanya semangat dalam setiap mengikuti
mata pelajaran sosiologi. Dan peserta didik tidak mempunyai niat untuk belajar sosiologi,
contohnya tidak usaha untuk peserta didik membaca buku yang berkaitan dengan
pelajaran sosiologi.kesimpulan bahwa penyebab rendahnya minat belajar peserta didik
dalam pembelajaran sosiologi kelas XII IPS adalah : Faktor internal yang berasal dari diri
peserta didik. Faktor eksternal yang menyebabkan rendahnya minat belajar peserta didik
adalah tidak efektifnya pembelajaran. Saat pembelajaran ada permasalahan yaitu :
keterbatasan jam mengajar di saat pembelajaran sosiologi.
Actions (login required)
|
View Item |