Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IX SMP

Putri, Julianda Dewi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IX SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_JULIANDA_DEWI_PUTRI_18004020_1849_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi articulate storyline pada mata pelajaran Bahasa inggris kelas IX SMPN 41 Padang dilatar belakangi oleh sulitnya siswa melafalkan kata dan penulisan kata dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi articulate storyline, menghasilkan media yang valid dan praktis menggunakan aplikasi articulate storyline untuk mata pelajaran Bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Develoment (R&D) menggunakan model 4-D. Prosedur pengembangan pada penelitian terdiri dari atas 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Validitas produk dilakukan oleh 3 orang yakni 2 orang validator media 1 orang validator materi yaitu Guru Bahasa Inggris kelas IX SMPN 41 Padang. Uji praktikalitas dilakukan pada siswa kelas IX SMP Negeri 41 Padang. Alat pengumpulan data adalah angket atau kuisioner. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif persentase. Hasil validitas produk dari validator media 1 memperoleh hasil “sangat valid”dengan persentase 96,84% dan validator media 2 memperoleh hasil “sangat valid” dengan persetase 96,84%. Hasil uji validitas materi oleh validator materi memperoleh hasil “sangat valid” dengan persentase 96% Sedangkan hasil uji coba praktikalitas diperoleh hasil “sangat praktis” dengan perolehan rata-rata 88,5%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan “sangat layak” digunakan pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IX SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:43
Last Modified: 02 Nov 2023 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47869

Actions (login required)

View Item View Item