Putri, Julianda Dewi
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IX SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi articulate storyline
pada mata pelajaran Bahasa inggris kelas IX SMPN 41 Padang dilatar belakangi oleh
sulitnya siswa melafalkan kata dan penulisan kata dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses
pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi articulate storyline,
menghasilkan media yang valid dan praktis menggunakan aplikasi articulate storyline
untuk mata pelajaran Bahasa Inggris.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and
Develoment (R&D) menggunakan model 4-D. Prosedur pengembangan pada
penelitian terdiri dari atas 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan),
develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Validitas produk dilakukan
oleh 3 orang yakni 2 orang validator media 1 orang validator materi yaitu Guru Bahasa
Inggris kelas IX SMPN 41 Padang. Uji praktikalitas dilakukan pada siswa kelas IX
SMP Negeri 41 Padang. Alat pengumpulan data adalah angket atau kuisioner. Data
dianalisis secara deskriptif kuantitatif persentase.
Hasil validitas produk dari validator media 1 memperoleh hasil “sangat
valid”dengan persentase 96,84% dan validator media 2 memperoleh hasil “sangat
valid” dengan persetase 96,84%. Hasil uji validitas materi oleh validator materi
memperoleh hasil “sangat valid” dengan persentase 96% Sedangkan hasil uji coba
praktikalitas diperoleh hasil “sangat praktis” dengan perolehan rata-rata 88,5%.
Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang
dikembangkan “sangat layak” digunakan pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas IX
SMP.
Actions (login required)
|
View Item |