Pengembangan E-Dictionary Card Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP

Fitra, Fitra (2023) Pengembangan E-Dictionary Card Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_FITRIA_19004052_3651_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan multimedia interaktif e-dictionary card dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran yaitu kurangnya perbendaharaan kosakata peserta didik. Media pembelajaran yang selama ini digunakan adalah buku teks, LKS, dan Powerpoint. Media ini belum dapat membantu mengatasi masalah tersebut dan seringkali menimbulkan kejenuhan. Dalam rangka mengatasi masalah tersebut, dikembangkan multimedia interaktif e-dictionary card untuk membantu pelaksanaan pembelajaran yang lebih menarik dan membantu meningkatkan perbendaharaan kosakata peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif e-dictionary card yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran. Penelitian dilakukan menggunakan jenis penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik, dan soal pre-test pos-test. Validitas produk diuji oleh dua orang ahli media dan satu orang ahli materi. Uji praktikalitas ditujukan kepada peserta didik kelas VII SMP Al-Azhar 32 Padang. Kemudian, nilai pre-test dan post-test digunakan untuk menilai efektivitas penggunaan multimedia. Berdasarkan hasil penilaian dari validator media dan materi, diperoleh hasil validasi materi 3,92 dikategorikan valid. Untuk aspek media, diperoleh skor 3,95 dari ahli media 1 yaitu dengan kategori valid, sedangkan ahli media 2 dengan perolehan skor 3,8 kategori valid. Setelah media dinyatakan valid dan layak, kemudian diujicobakan kepada 25 peserta didik kelas VII SMP dengan perolehan skor praktikalitas 3,56 berada pada kategori praktis. Kemudian, dilakukan uji efektivitas dengan perolehan nilai Sig. p value 0,00< 0,05, sehingga penggunaan multimedia interaktif e-dictionary card dinyatakan efektif karena terdapat perbedaan signifikan antara nilai belajar sebelum dan sesudah menggunakan multimedia. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif e-dictionary card yang telah dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmi, UlfiaUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
CorrectorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:42
Last Modified: 02 Nov 2023 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47864

Actions (login required)

View Item View Item