Fitra, Fitra
(2023)
Pengembangan E-Dictionary Card Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pengembangan multimedia interaktif e-dictionary card dilatarbelakangi
oleh permasalahan pembelajaran yaitu kurangnya perbendaharaan kosakata peserta
didik. Media pembelajaran yang selama ini digunakan adalah buku teks, LKS, dan
Powerpoint. Media ini belum dapat membantu mengatasi masalah tersebut dan
seringkali menimbulkan kejenuhan. Dalam rangka mengatasi masalah tersebut,
dikembangkan multimedia interaktif e-dictionary card untuk membantu
pelaksanaan pembelajaran yang lebih menarik dan membantu meningkatkan
perbendaharaan kosakata peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan multimedia interaktif e-dictionary card yang valid, praktis, dan
efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran.
Penelitian dilakukan menggunakan jenis penelitian pengembangan
Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket respon
peserta didik, dan soal pre-test pos-test. Validitas produk diuji oleh dua orang ahli
media dan satu orang ahli materi. Uji praktikalitas ditujukan kepada peserta didik
kelas VII SMP Al-Azhar 32 Padang. Kemudian, nilai pre-test dan post-test
digunakan untuk menilai efektivitas penggunaan multimedia.
Berdasarkan hasil penilaian dari validator media dan materi, diperoleh hasil
validasi materi 3,92 dikategorikan valid. Untuk aspek media, diperoleh skor 3,95
dari ahli media 1 yaitu dengan kategori valid, sedangkan ahli media 2 dengan
perolehan skor 3,8 kategori valid. Setelah media dinyatakan valid dan layak,
kemudian diujicobakan kepada 25 peserta didik kelas VII SMP dengan perolehan
skor praktikalitas 3,56 berada pada kategori praktis. Kemudian, dilakukan uji
efektivitas dengan perolehan nilai Sig. p value 0,00< 0,05, sehingga penggunaan
multimedia interaktif e-dictionary card dinyatakan efektif karena terdapat
perbedaan signifikan antara nilai belajar sebelum dan sesudah menggunakan
multimedia. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif e-dictionary card
yang telah dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam
pembelajaran Bahasa Inggris.
Actions (login required)
|
View Item |