Penerapan Pendidikan Karakter di SMPN 3 Pariaman

Aini, Anisa Oktavia (2023) Penerapan Pendidikan Karakter di SMPN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B1_3_ANISA_OKTAVIA_AINI_18004006_1445_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Pendidikan karakter yang dibangun dalam kegiatan sekolah merupakan salah satu program strategis yang diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan yang berkaitan dengan moral siswa. Masih terdapat perilaku siswa yang mempengaruhi pendidikan karakter disekolah, seperti pada nilai karakter disiplin masih ada beberapa siswa yang sering terlambat datang ke sekolah, ke kantin saat jam pelajaran berlangsung, dan kurang rapi dalam berpakaian. Pada nilai karakter peduli lingkungan masih terdapat beberapa siswa yang merusak fasilitas sekolah seperti corat coret meja, membuang sampah sembarangan. Terdapat beberapa siswa memiliki sikap yang tidak sopan dalam perkataan yang tidak membedakan berkomunikasi antara teman dan guru. Kemudian pada nilai kejujuran masih terdapat siswa yang menyontek saat ujian/ulangan. Oleh sebab itu permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah, “Bagaimana penerapan pendidikan karakter di SMPN 3 Pariaman dan apa kendala-kendala dan upaya guru dalam mengatasi kendala tersebut”. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif dilakukan dengan mengekploitasi (menemukan), mengidentifikasi, dan mendeskripsikan (menjelaskan) keberadaan subjek, objek atau kejadian yang diteliti saat ini (current status). Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner) dan pengumpulan data pendukung dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMPN 3 Pariaman. Sampel dalam penelitian ini adalah 45 guru menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Angket dianalisis menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) penerapan pendidikan karakter di SMPN 3 Pariaman sudah dilaksanakan dengan sangat baik dengan hasil rata-rata 91,20%; (2) kendala-kendala dalam penerapan pendidikan karakter di SMPN 3 Pariaman masih tinggi dengan rata-rata 71,38%; (3) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut sudah sangat baik dengan rata-rata 85,78%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEldarni, EldarniUNSPECIFIED
CorrectorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:40
Last Modified: 01 Nov 2023 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47848

Actions (login required)

View Item View Item