Pengaruh Latihan Ball Feeling terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Menggiring Bola Pemain SSB PSTS Tabing Kota Padang Kelompok Umur 11 Tahun

Hutri, Anyuriagus (2023) Pengaruh Latihan Ball Feeling terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Menggiring Bola Pemain SSB PSTS Tabing Kota Padang Kelompok Umur 11 Tahun. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_ANYURIAGUS_HUTRI_18089193_5356.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah yang terlihat pada peneltian ini adalah masih rendahnya tingkat dribbling yang dimiliki oleh pemain SSB PSTS Tabing Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode “Control Groups Pretest-Posttest Design”. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan ball feeling terhadap kemampuan menggiring bola. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan PSTS Tabing, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok pemain umur 11 tahun berjumlah 18 orang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah pemain SSB Psts Tabing kelompok pemain umur 11 tahun berjumlah 18 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dribbling yang disusun oleh Subagyo Irianto dengan validitas 0,779 dan reliabilitas 0,637. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan pemaparan data dalam bentuk persentase. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov Test dan uji homogenitas menggunakan uji F, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan rerata Pretest 18,01 detik peningkatan keterampilan menggiring bola siswa SSB PSTS Tabing usia 11 tahun setelah mengikuti latihan ball feeling selama 16 kali pertemuan dengan posttest adalah 16,95 detik. Kemampuan menggiring bola siswa SSB PSTS Tabing usia 11 tahun yaitu nilai rerata 16,95; nilai minimum 13,1; nilai maksimum 21,49; median 16,96; dan standar deviasi 2,27. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh rata rata skor sebelum dan sesudah pengaruh latihan ball feeling terhadap peningkatan kemampuan menggiring bola siswa SSB PSTS Tabing usia 11 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKomaini, AntonUNSPECIFIED
CorrectorTohidin, DidinUNSPECIFIED
CorrectorGemaini, AndriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Latihan Ball Feeling Teknik Menggiring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 01 Nov 2023 04:06
Last Modified: 01 Nov 2023 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47842

Actions (login required)

View Item View Item