Pengaruh Latihan Berbeban Menggunakan Resistance Bands terhadap Kemampuan Tendangan Sabit Atlet Pencak Silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah di Universitas PGRI Sumatera Barat

Aprilialdasari, Nabilah (2023) Pengaruh Latihan Berbeban Menggunakan Resistance Bands terhadap Kemampuan Tendangan Sabit Atlet Pencak Silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah di Universitas PGRI Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_NABILAH_APRILIALDASARI_19087025_3617.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini kurang optimalnya pada saat melakukan tendangan sabit. Jenis penelitian ini Pra-experiment, Populasi penelitian ini 21 orang atlet dewasa dan remaja putra dan putri. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel berjumlah 14 orang atlet remaja dan dewasa putri Tapak Suci Universitas PGRI Sumatera Barat. Analisis yang digunakan ada uji t dependend sampel. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan berbentuk tes kecepatan tendangan sabit. Hasil penelitian yang dilakukan latihan berbeban menggunakan Resistance Bands terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan tendangan sabit, dilihat dari a) rata-rata kemampuan tendangan sabit pada kaki kanan Pre-test 19,79 kali dan Post-test 20,93 kali sehingga rata-rata nya meningkat 1,14 kali atau dibulatkan 1 kali tendangan dengan hasil t hitung 5,55 > ttabel = 1,771, b) kemampuan rata-rata pre-test kaki kiri 18,43 kali dan post-test 19,43 kali sehingga peningkatan 1 kali tendangan dengan t hitung 5,51 > ttabel = 1,771.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Latihan Berbeban Resistance Bands Kemampuan Tendangan Sabit Atlet Pencak Silat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:49
Last Modified: 01 Nov 2023 03:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47829

Actions (login required)

View Item View Item