Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an dalam Pembelajaran Tahfidz Menggunakan Metode Tikrar pada Anak Kesulitan Belaja

Naraeis, Salsa Ayunda (2023) Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an dalam Pembelajaran Tahfidz Menggunakan Metode Tikrar pada Anak Kesulitan Belaja. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_Salsa_Ayunda_N_19003099_2405_2023.pdf

Download (685kB) | Preview

Abstract

Penenelitian ini membahas peningkatan hafalan hafalan al-qur’an dalam pembelajaran tahfidz menggunakan metode tikrar pada anak kesulitan belajar. Hal ini terlihat ketika peneliti melakukan observasi dan mengidentifikasi siswa A yang mengalami kesulitan belajar dalam pembelajaran tahfidz yaitu menghafal ayat-ayat Al-Qur’an. Anak yang diteliti pada kondisi awal memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an, dimana anak hanya mampu mencapai 1/3 dari target hafalan. Permasalahan seperti daya ingat yang kurang bagus, tidak bisa memanajemen waktu dengan baik, tidak menggunakan metode yang efektif serta hal lainnya adalah permasalahan yang dihadapi oleh anak. Penerapan metode tikrar yaitu dengan cara melakukan beberapa kali pengulangan terhadap ayat yang ingin dihafal dengan beberapa ketentuan dari yang diperbolehkan melihat mushaf hingga tidak diperbolehkan, pengulangan dilakukan banyak kali dengan tujuan agar hafalan tidak mudah lupa dan hilang. Penelitian ini menggunakan metode single subject dengan desain A-B-A. A1 adalah keadaan dasar siswa sebelum intervensi, B adalah intervensi, A2 adalah keadaan setelah intervensi tidak ada lagi. Subjek A memiliki rata-rata tingkat kondisi A1 yaitu 34, rata-rata tingkat kondisi B adalah 86,2, rata-rata tingkat kondisi A2 adalah 91. Data didapat dari hasil penjumlahan nilai yang diperoleh anak dalam bentuk persen, dilengkapi dengan foto dan video penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut menunjukan bahwa hafalan ayat al-quran A anak kesulitan belajar meningkat di SMP IT Dar El-Iman kota Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEffendi, JonUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
CorrectorTaufan, JohandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:47
Last Modified: 01 Nov 2023 03:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47821

Actions (login required)

View Item View Item