Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital dengan Menggunakan Aplikasi Webtoon pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI

Putri, Rizka (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital dengan Menggunakan Aplikasi Webtoon pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Rizka_Putri_18046086_18046086_1937_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran sejarah dimana peserta didik belum mampu mencapai tujuan pembelajaran karena masih kesulitan dalam memahami isi pembelajaran. Di lapangan ditemukan bahwa guru belum memanfaatkan media secara optimal. Guru cenderung menggunakan media konvensional atau mengajar dengan cara lama yaitu mencatat atau menjelaskan materi secara verbal (abstrak). Sedangkan media merupakan alat yang mampu memvisualisasikan pelajaran terlebih pada mata pelajaran sejarah. Seperti media visual komik yang bisa menggambarkan sebuah alur peristiwa sejarah. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik digital dengan menggunakan aplikasi webtoon pada mata pelajaran sejarah Indonesia yang layak dan praktis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) yang proses pengembangannya menggunakan model ADDIE, namun dalam penelitian ini hanya pada tahap implementasi (implementation). Pengumpulan data menggunakan instrument kelayakan materi dan media yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Sedangkan untuk praktikalitas media akan dinilai oleh peserta didik dan guru. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian yaitu tingkat kelayakan materi dan media mendapatkan hasil klasifikasi sangat layak. Begitupun dengan tingkat praktikalitas media mendapatkan klasifikasi sangat layak. Sedangkan pada tahap evaluasi, didapatkan hasil bahwa media komik dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan hasil remedi peserta didik yang mencapai batas KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
CorrectorOfianto, OfiantoUNSPECIFIED
CorrectorLionar, UunUNSPECIFIED
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:44
Last Modified: 01 Nov 2023 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47810

Actions (login required)

View Item View Item