Putri, Rizka
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital dengan Menggunakan Aplikasi
Webtoon pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran sejarah
dimana peserta didik belum mampu mencapai tujuan pembelajaran karena masih kesulitan
dalam memahami isi pembelajaran. Di lapangan ditemukan bahwa guru belum
memanfaatkan media secara optimal. Guru cenderung menggunakan media konvensional
atau mengajar dengan cara lama yaitu mencatat atau menjelaskan materi secara verbal
(abstrak). Sedangkan media merupakan alat yang mampu memvisualisasikan pelajaran
terlebih pada mata pelajaran sejarah. Seperti media visual komik yang bisa menggambarkan
sebuah alur peristiwa sejarah. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan komik digital dengan menggunakan aplikasi webtoon
pada mata pelajaran sejarah Indonesia yang layak dan praktis. Jenis penelitian ini yaitu
penelitian dan pengembangan (R&D) yang proses pengembangannya menggunakan model
ADDIE, namun dalam penelitian ini hanya pada tahap implementasi (implementation).
Pengumpulan data menggunakan instrument kelayakan materi dan media yang divalidasi
oleh ahli materi dan ahli media. Sedangkan untuk praktikalitas media akan dinilai oleh
peserta didik dan guru. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan
kuantitatif. Hasil dari penelitian yaitu tingkat kelayakan materi dan media mendapatkan
hasil klasifikasi sangat layak. Begitupun dengan tingkat praktikalitas media mendapatkan
klasifikasi sangat layak. Sedangkan pada tahap evaluasi, didapatkan hasil bahwa media komik dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan hasil remedi peserta didik yang
mencapai batas KKM.
Actions (login required)
|
View Item |