Pengaruh Penggunaan Model Think Talk Write terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Tebo

Afryani, Zha Zha Nurul (2023) Pengaruh Penggunaan Model Think Talk Write terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Tebo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_ZHA_ZHA_NURUL_AFRYANI_18016199_7305_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga, Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tebo sebelum menggunakan model Think Talk Write (TTW). Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tebo sesudah menggunakan model Think Talk Write (TTW). Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tebo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tebo dengan jumlah 129 orang yang tersebar dalam empat kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B MTs Negeri 1 Tebo yang berjumlah 32 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita sebelum menggunakan model model Think Talk Write, dan sesudah menggunakan model model Think Talk Write. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks berita sebelum dan sesudah menggunakan model Think Talk Write. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks berita sebelum menggunakan model Think Talk Write siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tebo berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan nilai rata-rata 49,48. Kedua, keterampilan menulis teks berita sesudah menggunakan model Think Talk Write siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tebo berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 75,91. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,95 diperoleh thitung > ttabel (10,40 > 1,70). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal itu berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Think Talk Write, terhadap keterampilan menulis teks berita kelas VIII MTs Negeri 1 Tebo. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Tebo sesudah menggunakan model model Think Talk Write lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model model Think Talk Write. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata keterampilan menulis teks berita siswa sesudah menggunakan menggunakan model model Think Talk Write berada di atas KKM, sedangkan nilai rata-rata keterampilan menulis teks berita siswa sebelum menggunakan menggunakan model model Think Talk Write berada di bawah KKM. Sementara itu, KKM yang diterapkan oleh MTs Negeri 1 Tebo adalah 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL THINK TALK WRITE, KETERAMPILAN MENULIS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:01
Last Modified: 31 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47774

Actions (login required)

View Item View Item