Pemanfaatan Layanan Pojok Baca Digital sebagai Sumber Belajar bagi Siswa di Perpustakaan SMA Negeri 2 Painan

Liodi, Vina Rahma (2023) Pemanfaatan Layanan Pojok Baca Digital sebagai Sumber Belajar bagi Siswa di Perpustakaan SMA Negeri 2 Painan. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_08_VINA_RAHMA_LIODI_19234100_5774_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian mengkaji pemanfaatan layanan pojok baca digital sebagai sumber belajar bagi siswa di Perpustakaan SMA Negeri 2 Painan. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan. Pertama, intensitas pemanfaatan. Kedua, aktivitas pemanfaatan. Ketiga, faktor mempengaruhi pemanfaatan. Keempat, mengumpulkan informasi. Kelima, mengambil intisari informasi. Keenam, menganalisis dan evaluasi informasi. Ketujuh, menggunakan informasi dengan memanfaatkan layanan pojok baca digital. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian 1.247 siswa dengan sampel berjumlah 92 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dalam penelitian ini dengan verifikasi data, kemudian tabulasi dan dilakukan pengolahan data dengan perhitungan menggunakan rumus mean untuk menghitung rata-rata per item pernyataan, serta perhitungan grand mean untuk menghitung jumlah seluruh rata-rata setiap indikator. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan layanan pojok baca digital sebagai sumber belajar bagi siswa di Perpustakaan SMA Negeri 2 Painan sudah dimanfaatkan dengan baik berdasarkan. Pertama, intensitas pemanfaatan tinggiberarti siswa memanfaatkan layanan pojok baca digital di perpustakaan SMA Negeri 2 Painan. Kedua, aktivitas pemanfaatan beragam mulai dari mencari referensi, membaca koleksi, belajar mandiri dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Ketiga, faktor yang mempengaruhi pemanfaatan tinggi, berarti siswa memanfaatkan layanan karena banyak faktor namun faktor promosi mendapat nilai rendah karena petugas perpustakaan kurang melakukan promosi terhadap layanan. Keempat, siswa mengumpulkan informasi pada layanan pojok baca dengan mengenal sumber informasi dan menentukan lokasi informasi. Kelima, siswa mengambil intisari informasi dengan memilih informasi yang relevan dan mendokumentasikan informasi. Keenam, siswa menganalisis dan mengevaluasi informasi yang didapatkan melalui layanan pojok baca. Ketujuh, siswa menggunakan informasi dari layanan untuk meningkatkan skill dan prestasi dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: layanan pojok baca digital, sumber belajar.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:05
Last Modified: 31 Oct 2023 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/47765

Actions (login required)

View Item View Item